PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (Studi Kasus pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)
Author: Zahra, Fatimah
Abstract: Akuntabilitas kinerja adalah kewajiban untuk memberikan pertanggungjawaban atau menjawab dan menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan suatu organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau berkewenangan untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban. Dalam mewujudkan akuntabilitas kinerja maka dibutuhkan suatu sistem penganggaran yang berorientasi pada output organisasi dan berkaitan sangat erat dengan visi, misi, dan rencana strategis organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan anggaran berbasis kinerja terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah pada 17 Dinas Pemerintahan Kota Bandung. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah anggaran berbasis kinerja sebagai variabel independen. Sedangkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatory. Metode ini bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara suatu variabel dengan yang lainnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner ke 17 Dinas Pemerintahan Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerpan anggaran berbasis kinerja berpengaruh secara signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Sedangkan besarnya penerpan anggaran berbasis kinerja dalam memberikan kontribusi pengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebesar 76,2%. sedangkan sisanya sebesar 23,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain di luar model penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6429
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 157.2Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.074Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.71Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 41.67Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 151.5Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 93.94Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.10Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.00Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.86Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 98.83Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 115.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 157.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 28.65Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.95Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record