PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DAN DAMPAKNYA PADA RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)

Widyatama Repository

PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DAN DAMPAKNYA PADA RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)

Show full item record

Title: PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM DAN DAMPAKNYA PADA RETURN SAHAM (Studi Kasus Pada Perusahaan Minyak dan Gas Bumi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2014)
Author: Sari, Sri Dewi
Abstract: Pasar modal sangat penting bagi suatu Negara dimana pasar modal merupakan salah satu penggerak utama perekonomian suatu Negara karena melalui pasar modal perusahaan dapat memperoleh dana untuk melakukan kegiatan perekonomiannya. Selain itu dengan terjadinya globalisasi peluang usaha semakin terbuka lebar dan tingkat persaingan pun semakin tinggi. Persaingan ini menuntut agar perusahaan untuk terus meningkatkan kinerja perusahaannya agar tetap bertahan didalam persaingan tersebut. Kinerja keuangan yang baik merupakan salah satu faktor yang dilihat investor dalam melakukan investasi. Salah satunya adalah dengan melihat rasio keuangan yang diukur dengan Return On Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap harga saham dan dampaknya pada return saham pada perusahaan minyak dan gas bumi yang terdaftar di BEI periode 2010-2014. Kinerja keuangan dalam penelitian ini diukur melalui Return On Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data sekunder. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling untuk mendapatkan sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang didapat adalah sebanyak 6 perusahaan minyak dan gas bumi dengan periode 2010-2014. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji F. Sedangkan, untuk menguji variabel intervening digunakan analisis product of coeffiisient. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh hasil bahwa kinerja keuangan yang diukur melalui Return On Assets (ROA) dan Debt to Equity Ratio (DER) secara bersama-sama memiliki hubungan yang rendah dan searah (positif), serta < yang berarti kinerja keuangan yang diukur melalui ROA dan DER tidak berpengaruh terhadap harga saham dan return saham. Sedangkan, berdasarkan hasil uji mediasi menunjukkan harga saham tidak mampu memediasi hubungan antara kinerja keuangan yang diukur melalui ROA dan DER terhadap return saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6405
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 81.88Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.003Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 144.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 184.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 129.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 118.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 213.7Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 106.3Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 102.4Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 226.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 743.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 735.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 979.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 295.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 116.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record