PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA (UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG)

Widyatama Repository

PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA (UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG)

Show full item record

Title: PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS MAHASISWA (UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG)
Author: Sari, Siti Hardianti Nur Indah
Abstract: Seiring dengan globalisasi dan pasar bebas, dunia perdagangan pemasaran secara otornatis akan dihadapkan pada persaingan yang sangat ketat. Pendidikan perguruan tinggi mendirikan sebuah perguruan tinggi didasari dengan adanya peluang antara lain, yaitu tingginya minat masyarakat Indonesia yang ingin menyekolahkan anaknya hingga ke perguruan tinggi. Relationship Marketing merupakan upaya menarik pelanggan dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan, sehingga terciptanya kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap universitas. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian kepustakaan (Library Research). Sampel sebanyak 300 responden menggunakan rumus yang dikembangkan dari Sugiyono. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara non probability sampling yaitu teknik yang tidak memberikan kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dijadikan sampel, dimana sampel yang dijadikan responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Widyatama Bandung angkatan 2013/2014. Untuk mengukur dan menganalisa ketiga variabel diatas dilakukan uji validitas dan reliabilitas, analisis korelasi pearson, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial relationship marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan, relationship marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas, dan relationship marketing berpengaruh positif terhadap kepuasan dan loyalitas. Nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,92 hal ini berarti 92% kepuasan dan loyalitas dipengaruhi oleh relationship marketing, sedangkan sisanya dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian lainnya.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6400
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 83.27Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.018Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 106.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 203.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 107.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.54Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 23.97Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.45Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 235.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 381.5Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 471.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 622.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 103.8Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 176.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record