PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CHINGU KOREAN FAN CAFÉ BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CHINGU KOREAN FAN CAFÉ BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CHINGU KOREAN FAN CAFÉ BANDUNG
Author: Wanti, Silvia Felita
Abstract: Skripsi ini disusun oleh Silvia Felita Wanti NPM 0212U106 dengan judul Pengaruh Experiential Marketing dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Chingu Korean Fan Café Bandung. Jurusan Manajemen S1 Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung. Dibawah bimbingan Bapak Taufik Rachim, S.E., M.Si. Semakin menjamurnya café di Kota Bandung mengharuskan setiap pelaku usaha bisnis kuliner ini menerapkan berbagai strategi guna mencapai kepuasan dari para pelanggannya. Salah satunya dengan experiential marketing yaitu menciptakan memori kenangan atau pengalaman yang masuk dalam benak pelanggan, serta dengan menciptakan store atmosphere yang nyaman dan berbeda dari pesaingnya. Metode penelitian yang digunakan untuk skripsi ini adalah metode deskriptif yaitu metode penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menggabungkan variabel satu dengan yang lain (Sugiyono, 2012:35). Penelitian deskriptif bertujuan untuk menjawab dan mengungkap bagaimana experiential marketing dan store atmosphere berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Serta rancangan analisis verifikatif bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel melalui pengujian hipotesis. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada pihak yang bersangkutan, kuesioner kepada 100 responden pelanggan, dan observasi langsung selama beberapa hari untuk mendapatkan data primer. Adapun yang menjadi objek penelitian sebagai dimensi dasar dan pendukung yaitu variabel independent dan variabel dependent, variabel Experiential Marketing (X1) mengidentifikasi karakteristik Schmitt (1999) yaitu sense, feel, think, act, dan relate, lalu untuk variabel Store Atmosphere (X2) mengidentifikasi karakteristik Berman dan Evans (2010:509) exterior, general interior, store layout, interior display dan variabel Kepuasan Pelanggan (Y) Kotler (2002: 104) menyangkut kinerja dan harapan. Hasilnya menunjukan R square sebesar 0.295, artinya kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh variabel experiential marketing sebesar 29.5%, sedangkan sisanya sebesar 70.5% dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya perhitungan uji t, diperoleh thitung > ttabel yaitu 6.404 > 1.984 dengan demikian Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, maka dapat disimpulkan “Experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Chingu Korean Fan Café Bandung” dapat diterima. Selain itu dari variabel store atmosphere mendapatkan hasil R square sebesar 0.411, artinya kepuasan pelanggan yang dipengaruhi oleh variabel store atmosphere sebesar 41.1%, sedangkan sisanya sebesar 58.9% dipengaruhi oleh variabel lain. Selanjutnya perhitungan uji t, ternyata thitung > ttabel yaitu 8.278 > 1.984 dengan demikian Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, maka dapat disimpulkan “Store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Chingu Korean Fan Café Bandung” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6397
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 178.0Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.022Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 186.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 177.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 33.44Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 109.3Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 24.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 636.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 533.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 713.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 659.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 234.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 173.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record