PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WISATAWAN DI OBYEK WISATA KAMPUNG GAJAH WONDERLAND BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WISATAWAN DI OBYEK WISATA KAMPUNG GAJAH WONDERLAND BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH ATRIBUT PRODUK WISATA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN WISATAWAN DI OBYEK WISATA KAMPUNG GAJAH WONDERLAND BANDUNG
Author: Putri, Ryana Meutia
Abstract: Ryana Meutia Putri (021324059) “Pengaruh Atribut Produk Wisata Terhadap Keputusan Pembelian Wisatawan Di Obyek Wisata Kampung Gajah Wonderland Bandung” dibawah bimbingan Mariana Rachmawati, Dr,.S.E.,M.M. Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan wisatawan mengenai atribut produk wisata Kampung Gajah Wonderland Bandung, mengetahui tanggapan wisatawan terhadap keputusan pembelian wisatawan ke Kampung Gajah Wonderland Bandung serta mengetahui seberapa besar pengaruh atribut produk wisata terhadap keputusan pembelian wisatawan ke Kampung Gajah Wonderland Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Dengan teknis analisis data Regresi Linear Sederhana, Koefisien Determinasi dan Uji Hipotesis Koefisien Regresi Sederhana, sebaran sampel 100 kuisioner kepada responden yang pernah berkunjung ke Kampung Gajah Wonderland. Hasil penelitian yang didapatkan mengenai atribut produk wisata Kampung Gajah Wonderland meliputi hasil dari daya tarik, fasilitas dan aksesibilitas. Tanggapan responden atas atribut produk wisata diperoleh nilai keseluruhan sebesar 3.46 yang artinya “BAIK” karena berada pada interval 3,40 - 4,19. Tanggapan responden mengenai keputusan pembelian ke Kampung Gajah Wonderland diperoleh nilai keseluruhan sebesar 3,50 yang artinya “BAIK” karena berada pada interval 3,40 - 4,19. Hasil pengujian regresi linear sederhana Y = 0,337 + 0,884 X. Artinya dimana Atribut Produk Wisata dianggap konstan, maka Keputusan pembelian Wisatawan akan meningkat sebesar 0,377 kali. Tingkat hubungan antar variabel, yaitu atribut produk wisata dengan keputusan pembelian sebesar 0,867. Hasil korelasi antara Atribut Produk Wisata dan keputusan pembelian = 0,867 menunjukkan tingkat hubungan antara atribut produk wisata terhadap keputusan pembelian termasuk sangat kuat. Hasil Koefisien Determinasi sebesar 75,2% mempunyai arti bahwa atribut produk wisata (X) terhadap keputusan pembelian (Y) pada obyek wisata Kampung Gajah Wonderland Bandung adalah sebesar 75,2% Sedangkan sisanya sebesar 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Untuk uji hipotesis Atribut produk wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Kampung Gajah Wonderland Bandung. Terdapat beberapa saran yang diharapkan dapat bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan untuk perusahaan dalam meningkatkan atribut produk wisata dan keputusan pembelian wisatawan. Menyediakan lebih banyak variasi jenis oleh-oleh, terus menjaga kebersihan sarana umum agar konsumen menjadi nyaman. Untuk akses sudah cukup baik namun ada baiknya jalan menuju lokasi wisata yang rusak segera diperbaiki agar wisatawan merasa nyaman, agar menyediakan papan petunjuk lebih dari sebelumnya khususnya di jalur alternatif, agar terus berinovasi untuk menghindari kejenuhan pada konsumen, untuk harga sebaiknya perusahaan membuat penyesuaian harga lagi yang disesuaikan dengan wahana yang ada dan kondisi permainan saat ini.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6393
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 164.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 830.5Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 145.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 111.0Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 85.86Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 87.02Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 87.21Kb PDF View/Open
Daftar Grafik.pdf 69.80Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 68.30Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 182.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 311.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 14.49Mb PDF View/Open
Bab 4.pdf 492.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 118.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 158.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record