ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRODUKSI DISTRIBUTOR VALVE MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) DI PT. PINDAD (PERSERO)

Widyatama Repository

ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRODUKSI DISTRIBUTOR VALVE MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) DI PT. PINDAD (PERSERO)

Show full item record

Title: ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRODUKSI DISTRIBUTOR VALVE MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) DI PT. PINDAD (PERSERO)
Author: Aulia, Rizka
Abstract: Judul penelitian ini adalah “Analisis Pengendalian Kualitas Proses Produksi Distributor Valve Menggunakan Model SPC (Statistical Process Controll) di PT. PINDAD (Persero)”. Dosen Pembimbing dalam penelitian ini yaitu Ibu Dyah Kusumastuti, Hj., Dr., Ir., M.Sc. PT. PINDAD (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang memproduksi peralatan pertahanan keamanan (produk militer). Pada PT PINDAD (Persero) masih terdapat permasalahan, khususnya pada bagian produksi Distributor Valve. Agar dapat memberikan yang terbaik kepada pelanggannya, PT. PINDAD (Persero) perlu menjaga kualitas produknya. Oleh karena itu, diperlukan adanya pengendalian kualitas untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Penelitian yang dilakukan terhadap PT. PINDAD (Persero) ini menggunakan metode Statistical Process Control (SPC). Pengendalian kualitas terhadap proses produksi dilakukan dengan membuat peta kendali –c yang digunakan untuk menganalisis produk yang mengalami cacat atau ketidaksesuaian yang masih dapat diperbaiki dan sample yang bersifat konstan. Dilengkapi dengan Check Sheet, Diagram Pareto, dan Diagram Sebab Akibat. Setelah membuat Peta Kendali –c, langkah selanjutnya adalah melakukan uji keseragaman data, yaitu dengan menghilangkan titik-titik yang berada di luar batas kendali sebanyak 5 data, yaitu 64, 70, 77, 88, dan 96. Setelah semua data sample berada di dalam batas kendali, yang berarti data telah seragam, maka dilakukan uji kecukupan data. Setelah dilakukan analisis terhadap Peta Kendali yang sudah seragam tersebut, didapatkan bahwa masih terjadi penyimpangan yang berupa kecenderungan naik. Berdasarkan Diagram Pareto, prioritas perbaikan yang perlu dilakukan adalah jenis kecacatan berupa kebocoran posisi running, kebocoran posisi pengereman minimum dan tekanan maksimal. Dari analisis menggunakan diagram sebab akibat dapat diketahui faktor penyebab kecacatan yang utama adalah faktor manusia. Sehingga perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan dan perbaikan untuk mengurangi ketidaksesuaian produk dan meningkatkan kualitas produk.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6388
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 81.45Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.100Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 398.3Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 217.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 2.096Mb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 499.5Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 522.2Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 436.0Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 53.36Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 219.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 704.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 822.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 107.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.33Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record