ANALISIS CITRA MEREK DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) CABANG CIKAMPEK
No Thumbnail Available
Date
2015
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Universitas Widyatama
Abstract
Skripsi ini disusun oleh Nabila Agret Mulyono (0211U023), dengan judul “Analisis
Citra merek dan Brand Trust Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Rakyat
Indonesia (BRI) cabang Cikampek”. Di dalam penyusunan skripsi ini penulis
dibawah bimbingan Ibu Sri Wiludjeng SP, S.E., M.P. selaku dosen pembimbing.
Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode penelitian
eksploratif-survey. Dalam usaha mengatasi persaingan perbankan yang semakin ketat
maka perbankan berupaya meningkatkan kepuasan nasabahnya terutama dalam
penghimpunan dana. Suatu bank harus melakukan kegiatan pelayanan yang dapat
membuat nasabahnya merasa puas khususnya dari meningkatkan citra merek dan
brand trust yang dapat membuat kepercayaan nasabah sehingga memberikan
kenyamanan bagi nasabah yang akan melakukan transaksi. Citra merek dan Brand
trust pada Bank BRI cabang Cikampek adalah baik, hal ini dapat dilihat dari
presentase jawaban yang diberikan responden pada masing-masing indikator citra
merek dan brand trust melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank BRI
cabang Cikampek. Tanggapan nasabah mengenai tingkat kepuasan atas citra merk
dan brand trust menyatakan baik, terlihat dari perolehan nilai rata-rata keseluruhan
mengenai kepuasan nasabah Bank BRI cabang Cikampek. Bahwa citra merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dapat diterima, brand
trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dapat diterima,
dan citra merek dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
nasabah. Dengan demikian apabila citra merek dan brand trust diterapkan dengan
sesuai maka kepuasan nasabah akan meningkat.
Description
Keywords
Citra Merek, Brand Trust, Kepuasan Nasabah, Brand Image, Customer Satisfaction