PENGARUH JUMLAH DANA PIHAK KETIGA, TINGKAT NON-PERFORMING FINANCING, TINGKAT CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PERIODE MARET 2009-JUNI 2014 (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH MANDIRI DAN BANK BRI SYARIAH)

Widyatama Repository

PENGARUH JUMLAH DANA PIHAK KETIGA, TINGKAT NON-PERFORMING FINANCING, TINGKAT CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PERIODE MARET 2009-JUNI 2014 (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH MANDIRI DAN BANK BRI SYARIAH)

Show full item record

Title: PENGARUH JUMLAH DANA PIHAK KETIGA, TINGKAT NON-PERFORMING FINANCING, TINGKAT CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP PENYALURAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PERIODE MARET 2009-JUNI 2014 (STUDI KASUS PADA BANK SYARIAH MANDIRI DAN BANK BRI SYARIAH)
Author: Affandi, Muhammad Arif
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non-Performing Financing, dan Capital Adequacy Ratio terhadap Penyaluran Pembiayaan Murabahah serta variabel-variabel manakah yang paling dominan berpengaruh terhadap penyaluran pembiayaan murabahah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dan metode penelitian yang digunakan dalam pelaksanaannya adalah deskriptif verikatif, alat analisis yang digunakan yaitu, menggunakan analisis koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji regresi. Teknik penentuan sampling adalah purposive sampling dengan kriteria Bank Umum Syariah yang sudah go public, menyajikan laporan keuangan periode 2009-Juni 2014 dan Bank yang memiliki lebih dari 50 kantor pusat operasional. Dari hasil pengujian menunjukkan keeratan hubungan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga, Non-Performing Financing, dan Capital Adequacy Ratio terhadap Penyaluran Pembiayaan Murabahah termasuk kedalam kriteria kuat. Dari hasil uji F didapat nilai F hitung sebesar 10,748 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa variabel Dana Pihak Ketiga, Non-Performing Financing, dan Capital Adequacy Ratio secara bersama-sama berpengaruh dengan penyaluran pembiayaan murabahah. Dana pihak ketiga dan non-performing financing memiliki keeratan hubungan kedalam kriteria sedang, sedangkan capital adequacy ratio memiliki hubungan keeratan kedalam kriteria sangat rendah. Berdasarkan hasil uji t disimpulkan bahwa terdapat dua variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap penyaluran pembiayaan murabahah yaitu dana pihak ketiga dan non-performing. Dari ketiga variabel independen yang digunakan, hanya capital adequacy ratio yang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penyaluran pembiayaan murabahah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6338
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.22Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.120Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 31.98Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 163.8Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 125.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 158.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 108.5Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 291.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 577.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 564.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 805.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 168.3Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 35.76Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record