PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI RESTAURANT STEAK KARNIVOR BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI RESTAURANT STEAK KARNIVOR BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DI RESTAURANT STEAK KARNIVOR BANDUNG
Author: Akbar, Mohammad Maulana
Abstract: Wisata Kuliner Kota Bandung merupakan salah satu tujuan wisata bagi wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara, yang terkenal dengan surga belanja dan wisata kulinernya dengan berbagai jenis macam modifikasi makanan atau mempertahankan keaslian resepnya. Banyak restoran atau café- café yang berdiri di Kota Bandung yang menawarkan keunggulannya masing-masing, mulai dari menu makanan yang bervariatif, fasilitas yang disediakan dan tempat yang nyaman. Restoran/cafe yang bertahan adalah yang paling baik dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Upaya salah satunya adalah dengan terus mengembangkan konsep kuliner yang unik, khas dan kretaif, layanan kualitas dan terus mengembangkan store atmosphere yang berbeda dari yang lain yang mampu memberikan kenyamanan, yakni mendesain lingkungan restoran/café agar menarik dan memberikan kesan bagi konsumen, dengan cara melakukan komunikasi visual, pencahayaan, warna, music dan aroma (bau-bauan), menawarkan konsep yang berbeda/unik, mulai dari konsep tradisional sampai dengan modern bahkan tempo dulu (retro). Setiap restoran/café berusaha menonjolkan keunikan store atmosphere karena konsumen juga menentukan pilihan tempat makan/kuliner selain kualitas pelayanan. Variabel penelitian meliputi variabel independen yang terdiri dari: faktor kualita spelayanan (X1) dan store atmosphere ); dan variabel dependen yaitu loyalitas konsumen (Y). Berdasarkan hasil penelitian “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen di Restaurant Steak Karnivor”, menunjukkan bahwa baik secara bersama-sama maupun parsial, kualitas pelayanan dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini ditunjukkan dengan hasil koefisien korelasi (r) = 0.573 menunjukkan bahwa hubungan kualitas pelayanan dengan loyalitas konsumen termasuk kategori sedang, dan koefisien korelasi (r) = 0.805 menunjukkan bahwa hubungan store atmosphere dengan loyalitas konsumen termasuk kategori tinggi. Pada perhitungan koefisien determinasi menunjukkan r = 0.926 atau Kd = 85.7%, artinya loyalitas konsumen pada Restaurant Steak Karnivor dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan store atmosphere sebesar 85.7%, sedangkan sisanya sebesar 14.3% dapat disebabkan oleh pengaruh faktor-faktor lain di luar riset. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, Y = 0,482 - 0.125X1 + 1.106X2 dan masing-masing variabel dapat diinterpretasikan pengaruhnya sebagai berikut : a. Nilai konstanta bertanda positif 0.482, yang menunjukkan apabila variabel kualitas pelayanan dan store atmosphere tidak ada perubahan atau sama dengan 0 maka loyalitas konsumen sebesar 0.482 berpengaruh signifikan. b. Variable kualitas pelayanan memiliki koefisien regresi bertanda negatif sebesar 0.125 hal ini berarti apabila kualitas pelayanan diturunkan setiap 1 satuan, maka akan menurunkan loyalitas konsumen sebesar 0.125 berpengaruh signifikan. c. Variable store atmosphere memiliki koefisien regresi bertanda positif sebesar 1,106, hal ini berarti apabila store atmosphere ditingkatkan setiap 1 satuan, maka akan meningkatkan loyalitas konsumen sebesar 1.106 berpengaruh signifikan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6333
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 101.4Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.161Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 121.6Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 76.02Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 88.97Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 70.70Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 56.02Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 62.61Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 272.6Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 267.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 246.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 325.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 97.09Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 79.09Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record