PENGARUH HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL CARINGIN BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL CARINGIN BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH HARGA DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL CARINGIN BANDUNG
Author: Pradipta, Kumara Aditya
Abstract: Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang ditandai dengan adanya kegiatan transaksi jual beli secara langsung dan terdapat proses tawar menawar dalam setiap transaksinya. Pasar tradisional juga sangat membantu dalam membangun perekonomian bagi masyarakat kecil dan menengah, terutama bagi petani dan pedagang yang memiliki modal kecil. MARS Indonesia tahun 2012 memiliki data mengenai frekuensi kunjungan masyarakat ke pasar tradisional di kota-kota besar, dari data tersebut dapat diketahui bahwa masyarakat di kota Bandung termasuk yang paling besar masyarakatnya yang belum pernah mengunjungi pasar tradisional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh harga dan store atmosphere terhadap minat beli konsumen yang ada di pasar tradisional Bandung. Sampel yang akan diteliti sebanyak 120 orang responden yang berada di pasar tradisional Caringin kota Bandung. Pada penelitian ini menggunakan analisis jalur (analysis path) yang digunakan untuk menguji besarnya kontribusi dari hubungan kasual antara variabel harga dan store atmosphere terhadap minat beli konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory dimana penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kejelasan fenomena yang terjadi secara empiris dan berusaha untuk mendapatkan jawaban hubungan kausal antar variabel melalui pengujian hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa harga dan store atmosphere berpengaruh terhadap minat beli konsumen di pasar tradisional Caringin. Harga memiliki pengaruh secara langsung dan tidak langsung terhadap minat beli sebesar 51,4% dan store atmosphere memiliki pengaruh secara langsung dan tidak langsung sebesar 20,4%. Tidak adanya label harga produk menjadi permasalah utama di pasar tradisional Caringin menurut responden, sehingga membuat responden sulit untuk mengetahui harga yang ditawarkan oleh pedagang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6324
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 112.3Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.338Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 183.4Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 246.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 299.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.9Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 100.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 314.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 369.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 418.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 585.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 111.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 208.1Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record