PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA D3 MANAJEMEN MELANJUTKAN STUDI PROGRAM S1 MANAJEMEN PADA UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA D3 MANAJEMEN MELANJUTKAN STUDI PROGRAM S1 MANAJEMEN PADA UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA D3 MANAJEMEN MELANJUTKAN STUDI PROGRAM S1 MANAJEMEN PADA UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG
Author: Utama, Indrajati Kurnia
Abstract: Menurut Kotler (2008), minat beli adalah seberapa besar kemungkinan konsumen membeli suatu merek dan jasa atau seberapa besar kemungkinan konsumen untuk berpindah dari satu merek ke merek lainnya. Fenomena penelitian ini yaitu rendahnya minat beli mahasiswa D3 Manajemen untuk melanjutkan studi program S1 Manajemen pada Universitas Widyatama Bandung. Variabel yang diperkirakan dapat mempengaruhinya adalah kualitas pelayanan. Sedangkan definisi kualitas pelayananan menurut Wyckoff dalam Purnama (2005) adalah sebagai tingkat kesempurnaan yang diharapkan dan pengendalian atas kesempurnaan tersebut untuk memenuhi keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil uji empiris mengungkapkan bahwa dimensi responsiveness dan empathy memiliki pengaruh positif terhadap minat beli mahasiswa D3 Manajemen melanjutkan ke program studi S1 Manajemen pada Universitas Widyatama Bandung, sedangkan untuk dimensi tangibles, reliability dan assurance tidak memiliki pengaruh positif. Untuk pengaruh terhadap minat beli, diketahui bahwa dimensi responsiveness serta empathy memiliki pengaruh positif, sedangkan untuk dimensi tangibles, reliability dan assurance tidak memiliki pengaruh positif terhadap minat beli mahasiswa D3 Manajemen untuk melanjutkan program studi S1 Manajemen Universitas Widyatama. Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan cara menyebarkan kuesioner, kuesioner disebar terhadap mahasiswa D3 Manajemen pada Universitas Widyatama sebanyak 130 responden dengan konsentrasi studi pemasaran, keuangan, sdm dan operasional. Selanjutnya secara simultan diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 36,671 kualitas pelayanan memiliki tingkat signifikansi t-hitung lebih kecil dari 0,05 dengan sig yaitu 0,000, pada koefisien determinasi diketahui nilai r-square adalah sebesar 0,605 dan nilai adjusted r-square sebesar 0,366 maka dapat disimpulkan secara simultan kualitas pelayanan dapat menjelaskan variabel minat beli sebesar 63,4%. Dari persamaan regresi linier berganda diatas diperoleh nilai konstanta sebesar 1,503. Artinya, jika variabel minat beli (Y) tidak dipengaruhi oleh kedua variabel bebasnya yaitu responsiveness (X3) dan empathy (X5) bernilai nol, maka besarnya rata-rata minat beli akan bernilai 1,503. Berdasarkan hasil uji dapat disimpulkan bahwa minat beli memiliki hubungan kepada kualitas pelayanan mahasiswa D3 Manajemen untuk melanjutkan ke program studi S1 Manajemen pada Universitas Widyatama Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6315
Date: 2015


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 73.81Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 1.314Mb PDF View/Open
Abstrak.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 42.08Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 109.8Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 99.87Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.99Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 211.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 312.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 295.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 527.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 194.6Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 153.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record