ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP PERUSAHAAN YANG MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi kasus pada PT. Telekomunikasi Indonesia,Tbk Bandung)
Author: Pritahadiani, Yurinda
Abstract: Perkembangan dunia menuju era globalisasi memungkinkan kegiatan perekonomian berkembang dengan pesatnya yang membuat persaingan antara perusahaan-perusahaan yang sejenis maupun yang tidak sejenis bersaing secara ketat. Hal ini menuntut perusahaan untuk memikirkan metode yang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki perusahaan secara optimal dan membantu perusahaan menjadi perusahaan yang terdepan. Selama ini banyak perusahaan dalam menilai kinerjanya terpaku pada hasil kinerja keuangan saja tanpa melihat faktor-faktor lain yang secara tidak langsung menimbulkan keberhasilan secara finansial tersebut. Perusahaan perlu juga memperhatikan dan menganalisis laporan keuangan yang mencerminkan kondisi keuangan perusahaan karena melalui analisis laporan keuangan, perusahaan dapat mengetahui kesehatan kinerja perusahaan yang bersangkutan. Salah satu pengukuran kinerja yang komprehensif adalah metode balanced scorecard, dimana metode ini tidak hanya mengukur kinerja dari segi keuangan saja tetapi dari beberapa aspek non keuangan seperti aspek pelanggan, aspek proses bisnis internal, aspek pertumbuhan dan pembelajaran. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui analisis laporan keuangan terhadap perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada PT.Telekomunikasi Indonesia,Tbk Bandung yang telah menetapkan metode balanced scorecard dalam pengukuran kinerja perusahaannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, wawancara dan observasi. Dari hasil perhitungan dan analisis laporan keuangan dimana Ho sebagai daerah uji hipotesis berdasarkan laporan keuangan sebelum perusahaan menerapkan metode balanced scorecard ditolak yang artinya kinerja perusahaan setelah penerapan metode balanced scorecard lebih efektif dibandingkan dengan kinerja perusahaan sebelum penerapan metode balanced scorecard. Serta manfaat analisis laporan keuangan terhadap perusahaan dilihat dari hasil uji perbedaan dua rata-rata, dimana Current Ratio, Quick Ratio, Debt to Equity Ratio, Total Debt to Total Assets Ratio, Rasio Modal Sendiri dengan Aktiva Tetap, Operating Profit Margin, ROI, Net Profit Margin, ROE, ROA, dan Fixed Assets Turnover dapat diterima yang artinya analisis laporan keuangan terhadap perusahaan cukup bermanfaat.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6285
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 69.51Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 93.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 76.67Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 94.17Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 104.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 79.99Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 77.55Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 80.09Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 132.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 389.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 206.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 711.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 88.00Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 91.16Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record