PENGARUH PENERAPAN KODE ETIK TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL (Studi kasus pada PT. PLN Persero Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN KODE ETIK TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL (Studi kasus pada PT. PLN Persero Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN KODE ETIK TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME AUDITOR INTERNAL (Studi kasus pada PT. PLN Persero Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Nadeak, Yuliarta
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa Penerapan Kode Etik mempunyai pengaruh terhadap Peningkatan Profesionalisme Auditor Internal. Indikator yang digunakan dalam Kode Etik berpedoman pada Kode Etik IIA dan Standar Profesi Audit Internal yaitu : Kompetensi, Integritas, Objektivitas, Independensi, Kehati-hatian, Kerahasiaan. Sedangkan indikator yang digunakan untuk menilai Profesionalisme Auditor Internal yaitu : Pelayanan kepada publik, Pelatihan khusus jangka panjang, Taat pada kode etik, Menjadi anggota asosiasi dan menghadiri pertemuan-pertemuan, Jurnal publikasi yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian praktik, Menguji pengetahuan para kandidat auditor bersertifikat, Lisensi oleh negara atau sertifikasi oleh dewan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden bagian audit internal PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik non parametrik yaitu uji korelasi Rank Spearman. Dari hasil perhitungan statistik diperoleh koefisien korelasi Rank Spearman (rs) sebesar 0,779 yang berarti adanya pengaruh yang positif dan kuat dalam penerapan kode etik terhadap peningkatan profesionalisme auditor internal. Dan besarnya pengaruh penerapan kode etik terhadap peningkatan profesionalisme auditor internal (kd) sebesar 60,68%, sedangkan sisanya sebesar 39,32% dipengaruhi faktor lain. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat t hitung (2,7780) > t tabel (2,5706) maka hipotesis yang penulis ajukan dapat diterima yaitu bahwa terdapat pengaruh penerapan kode etik terhadap peningkatan profesionalisme auditor internal pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6284
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 63.78Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 41.32Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 48.17Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 46.23Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 43.10Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 45.57Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 37.78Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 141.0Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 104.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 106.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 152.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 49.00Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 56.35Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record