EVALUASI KEBIJAKAN PENERAPAN METODE PERSEDIAAN BERDASAR PSAK NO.14 SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT LABA PERUSAHAAN. (Studi Kasus pada PT. Pindad Bandung)

Widyatama Repository

EVALUASI KEBIJAKAN PENERAPAN METODE PERSEDIAAN BERDASAR PSAK NO.14 SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT LABA PERUSAHAAN. (Studi Kasus pada PT. Pindad Bandung)

Show full item record

Title: EVALUASI KEBIJAKAN PENERAPAN METODE PERSEDIAAN BERDASAR PSAK NO.14 SERTA PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT LABA PERUSAHAAN. (Studi Kasus pada PT. Pindad Bandung)
Author: Akbar, Taufik
Abstract: Pada setiap perusahaan dagang maupun manufaktur, persediaan merupakan elemen penting untuk kelangsungan operasi normal perusahaan. Persediaan diperlukan dalam rangka menciptakan penjualan, dan penjualan diperlukan untuk menghasilkan laba. Ditinjau dari segi akuntansi, penilaian persediaan merupakan peranan penting dalam merencanakan dan menerapkan suatu metode dalam membandingkan biaya yang keluar dengan pendapatan yang masuk dalam suatu periode tertentu. Kesalahan yang terjadi dalam penilaian persediaan akan memberikan informasi yang keliru kepada para pengguna informasi laporan keuangan perusahaan, baik pengguna intern maupun pengguna ekstern perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Dalam pengumpulan data yang dilakukan, penulis melakukan pengumpulan data melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penulis melakukan penelitian pada PT. PINDAD yang bergerak dalam memproduksi berbagai macam produk militer dan produk komersial. Penelitian yang dilakukan pada perusahaan tersebut bertujuan untuk mengetahui metode penilaian dan besarnya perhitungan persediaan, kekonsistensian penerapan metode, lalu untuk mengetahui perbedaan nilai akhir dan harga pokok penjualan berdasarkan metode FIFO, LIFO, dan AVERAGE serta apakah terdapat pengaruh harga pokok penjualan terhadap laba kotor berdasarkan metode FIFO, LIFO, AVERAGE. Hasil penelitian menjelaskan bahwa metode penilaian dan pencatatan yang digunakan oleh PT. PINDAD adalah sistem pencatatan perpetual dengan metode rata-rata tertimbang. Serta perusahaan telah menerapkan metode penilaian tersebut secara konsisten dari tahun ke tahun. Penilaian persediaan yang dilakukan oleh perusahaan telah sesuai dengan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 14. Lalu penulis menarik kesimpulan berikutnya bahwa berdasarkan uji hipotesis ternyata tidak menghasilkan perbedaan yang signifikan dari nilai persediaan akhir dan harga pokok penjualan berdasarkan metode FIFO, LIFO, dan Rata-rata serta tidak terdapat pengaruh secara signifikan dari harga pokok penjualan terhadap laba kotor yang diperoleh.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6280
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 42.87Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 28.52Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 26.15Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 32.90Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.13Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.47Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 65.15Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 143.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 84.27Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 151.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.84Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.33Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record