“PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN” (Survei terhadap perusahaan pertambangan yang listing di BEI 2003-2007)

Widyatama Repository

“PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN” (Survei terhadap perusahaan pertambangan yang listing di BEI 2003-2007)

Show full item record

Title: “PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN” (Survei terhadap perusahaan pertambangan yang listing di BEI 2003-2007)
Author: Purwadi, Sutopo Yudo
Abstract: Praktek bisnis yang dilakukan oleh para pelaku usaha selalu berkembang mengikuti arus roda berkembangnya jaman. Karena berkembangnya jaman tersebut masyarakat terus menjadi semakin kritis dan menyadari hak-hak asasinya, serta berani menuntut para pelaku bisnis untuk menjalankan usahanya semakin bertanggung jawab. Maka para pelaku bisnis saat ini dituntut untuk menjalankan roda bisnis mereka dengan berbasis nilai-nilai dan etika. Dalam prakteknya hubungan antara perusahaan dengan lingkungan komunitasnya dalam kaitan etika bisnis yang dilaksanakannya salah satunya adalah pada bentuk corporate social responsibility (CSR). Melalui penerapan CSR ini perusahaan dapat mengambil aspek yang positif dan negatif. Disamping penerapannya yang harus disangkutpautkan dengan Standar ISO 26000, namun dengan ketujuh aspek yang harus diterapkan menurut standar tersebut, perusahaan perlu mengambil sisi positifnya/manfaatnya, antara lain produk mereka yang semakin disukai oleh konsumen dan minat investor untuk berinvestasi. Selain itu, citra perusahaan, loyalitas konsumen dan nama baik akan terus terjaga. Dan dengan penerapan CSR tersebut, diharapkan tingkat profitabilitas perusahaan juga meningkat. Berdasarkan uraian di atas, tujuan penulis melakukan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan CSR terhadap tingkat profitabilitas perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif. Objek dalam penelitian ini adalah PT Aneka Tambang Tbk., PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk., dan PT Timah Tbk. Untuk mengolah dan menganalisis data, penulis mendeskriptifkan data serta perhitungan dengan menggunakan metode statistik analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, serta pengujian hipotesis dengan uji t. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang berbanding lurus dan kuat dari penerapan CSR terhadap tingkat profitabilitas perusahaan. Hasil analisis dan perhitungan menunjukkan nilai thitung (3,081) ≥ ttabel (2,160), dengan ini terbukti terdapat pengaruh dari penerapan corporate social responsibility (CSR) terhadap tingkat profitabilitas perusahaan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6278
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 50.52Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 97.67Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 124.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 337.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 272.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 345.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 37.35Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 150.6Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record