PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT (CONSUMER WORKER) MENGENAI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PT.BANK SYARIAH MEGA TBK CABANG BANDUNG

Widyatama Repository

PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT (CONSUMER WORKER) MENGENAI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PT.BANK SYARIAH MEGA TBK CABANG BANDUNG

Show full item record

Title: PENGARUH PENGETAHUAN MASYARAKAT (CONSUMER WORKER) MENGENAI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PT.BANK SYARIAH MEGA TBK CABANG BANDUNG
Author: Hidayati, Siti Fatima
Abstract: Pengetahuan masyarakat (consumer worker) adalah semua informasi yang dimiliki masyarakat mengenai berbagai macam produk/jasa yang meliputi pengetahuan atribut, manfaat, dan nilai kepuasan produk. Pengetahuan masyarakat (consumer worker) juga merupakan salah satu faktor dalam unsur psikologis yang mempengaruhi keputusan menjadi nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan masyarakat (consumer worker) mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah, dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengetahuan masyarakat (consumer worker) terhadap keputusan menjadi nasabah. Ditinjau dari tujuannya, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif dan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penelitian lapangan diperoleh dengan cara: wawancara, kuesioner, dan observasi, dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 nasabah dana pihak ketiga dengan metode simple ramdom sampling, kemudian dilakukan uji validitas dan realibilitas terhadap data yang diperoleh. Penelitian kepustakaan diperoleh dengan cara mengumpulkan data dan informasi serta catatan-catatanyang diperoleh dibangku kuliah maupun hasil media lainnya. Hasil pengujian hipotesis dengan korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya pengaruh pengetahuan masyarakat (consumer worker) mengenai perbankan syariah yang dijadikan indikator untuk variabel X dan pengaruhnya terhadap keputusan menjadi nasabah PT.Bank Syariah Mega yang dijadikan indikator untuk variabel Y sebesar 0,9966 yaitu terjadinya hubungan yang baik antara pengaruh pengetahuan masyarakat (consumer worker) mengenai bank syariah terhadap keputusan menjadi nasabah PT.Bank Syariah Mega Tbk Cabang Bandung. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung 119,742 yang berarti lebih besar dari t tabel (5% : n = 100) = 1,9799. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis nol (Ho) ditolak dengan taraf signifikan α = 5%, jadi hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Pengaruh pengetahuan masyarakat (consumer worker) mengenai perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah PT.Bank Syariah Mega Tbk Cabang Bandung”. Dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6275
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 28.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 98.61Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 287.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 819.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 362.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 949.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.91Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 104.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record