PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Widyatama Repository

PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)

Show full item record

Title: PENGARUH PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN GAJI (Studi Kasus Pada PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten)
Author: Aldino, Roby
Abstract: Aktivitas penggajian merupakan masalah yang sangat penting dan membutuhkan perhatian yang serius dari manajemen perusahaan. Karena biaya yang dikeluarkan untuk memberikan gaji kepada karyawan relatif besar, dibandingkan dengan biaya-biaya lainnya. Dalam penggajian sangat dibutuhkan adanya pengelolaan dalam proses penggajian. Oleh karena itu, gaji merupakan proses yang pelaksanaanya membutuhkan suatu pengendalian yang memadai agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang dapat merugikan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan audit internal dalam penggajian. Penelitian ini dilakukan di PT. PLN. (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten yang terletak di Jl. Asia Afrika No. 63. Metode yang penulis gunakan adalah metode deskriptif analisis. Data yang dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, meyerahkan kuesioner dan studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah koefisien korelasi Rank Spearman. Hipotesis penelitian akan diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan telah didapati hasil r1 sebesar 0,8445 yang berarti adanya hubungan yang cukup kuat antar kedua variabel, sedangkan metode perhitungan koefisien determinasi (kd) di dapat sebesar 71,32% yang berarti bahwa penilaian efektivitas pengelolaan gaji dipengaruhi oleh fungsi audit internal yang memadai sekitar 71,32%, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Serta didukung pula oleh pengujian hipotesis di mana t hitung > t tabel (4,460 > 1,812). Dengan demikian hasil uji hipotesis dapat diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan audit internal berpengaruh dalam menunjang efektivitas pengelolaan gaji.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6268
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 108.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 140.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 276.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 248.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.062Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 131.4Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 110.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record