PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH (INVESTASI LOGAM MULIA/EMAS UNTUK LOGAM ABADI) TERHADAP LABA OPERASIONAL PEGADAIAN SYARIAH (Studi kasus Kantor Cabang Pegadaian Syariah Jl. Padasuka Cicaheum Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH (INVESTASI LOGAM MULIA/EMAS UNTUK LOGAM ABADI) TERHADAP LABA OPERASIONAL PEGADAIAN SYARIAH (Studi kasus Kantor Cabang Pegadaian Syariah Jl. Padasuka Cicaheum Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH PEMBIAYAAN MURABAHAH (INVESTASI LOGAM MULIA/EMAS UNTUK LOGAM ABADI) TERHADAP LABA OPERASIONAL PEGADAIAN SYARIAH (Studi kasus Kantor Cabang Pegadaian Syariah Jl. Padasuka Cicaheum Bandung)
Author: Negara, Aquino Setia
Abstract: Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pembiayaan Murabahah ((INVESTASI LOGAM MULIA/EMAS UNTUK LOGAM ABADI) terhadap Laba Operasional”, Perkembangan produk-produk berbasis syariah kian marak di Indonesia, tidak terkecuali pegadaian. Perum pegadaian mengeluarkan produk berbasis syariah yang disebut dengan pegadaian syariah. Pada dasarnya, produk-produk berbasis syariah memiliki karakteristik seperti, tidak memungut bunga dalam berbagai bentuk karena riba, menetapkan uang sebagai alat tukar bukan sebagai komoditas yang diperdagangkan, dan melakukan bisnis untuk memperoleh imbalan atas jasa dan atau bagi hasil. Metode yang digunakan dalam penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif, verifikatif, dengan pendekatan survey yaitu mempelajari secara intensif latar belakang dan keadaan sekarang suatu objek penelitian berdasarkan informasi yang ada, dikumpulkan, diklasifikasi dan di interprestasikan sehingga didapat informasi untuk menganalisis masalah yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah Pegadaian Syariah, untuk rumus korelasi digunakan product moment dengan α = 0.05. Dari perhitungan diperoleh koefisien regresi r sebesar sebesar 0.439 menyatakan bahwa setiap penambaha Rp 1, pembiayaan murabahah akan meningkatkan laba operasional sebesar Rp 0.439 .hal ini berarti bahwa laba operasional dipengaruhi sebesar 19.2% oleh pembiayaan murabahah. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh pembiayaan lain seperti, pembiayaan Arrum, pembiayaan Rahn,pembiayaan Amanah dan MPO. Berdasarkan pengujian hipotesis didapat bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel, maka terbukti bahwa pembiayaan murabahah tidak memiliki pengaruh yang signnifikan terhadap laba operasional.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6263
Date: 2013


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.28Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.37Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 38.48Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 35.26Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 36.91Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 29.75Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 29.32Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 29.15Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 50.06Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 164.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 95.12Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 88.98Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.31Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 39.89Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record