PENGARUH ATRIBUT KUALITAS AUDIT TERHADAP KEPUASAN KLIEN (Survey pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di PT. Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC))

Widyatama Repository

PENGARUH ATRIBUT KUALITAS AUDIT TERHADAP KEPUASAN KLIEN (Survey pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di PT. Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC))

Show full item record

Title: PENGARUH ATRIBUT KUALITAS AUDIT TERHADAP KEPUASAN KLIEN (Survey pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di PT. Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC))
Author: Jumara, Willy Mara
Abstract: Perkembangan dunia usaha dari waktu ke waktu semakin meningkat. Hal tersebut dapat menimbulkan adanya konflik kepentingan antara klien dan auditor. Dimana perusahaan menginginkan Unqualified Opinion sebagai hasil laporan auditnya, namun disatu sisi auditor harus bersikap independen dalam memberikan opini. Oleh karena itu perlunya mencari persamaan persepsi kedua belah pihak, salah satunya dengan mengukur atribut kualitas jasa audit. Atribut kualitas audit adalah hal-hal yang melekat pada pengerjaan pengauditan atau aktivitas auditor, yang terdiri atas 12 atribut. Sedangkan kepuasan klien merupakan tingkat perasaan klien setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya. Objek penelitian ini adalah atribut kualitas audit dan kepuasan klien. Subjek penelitian ini adalah seluruh kepala bagian keuangan dan kepala bagian SPI beserta staf pada perusahaan yang beroperasi di PT. Kawasan Industri Kujang Cikampek (KIKC) dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer, dengan metode pengumpulan data kuesioner. Dianalasis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 15.0. Hasil uji F menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara atribut kualitas audit terhadap kepuasan klien. Hasil uji t menunjukan bahwa secara parsial atribut pengalaman melakukan audit, memahami industri klien, responsif terhadap kebutuhan klien, taat pada standar umum, sikap hati-hati, komitmen yang kuat terhadap kualitas audit, melakukan pekerjaan lapangan dengan tepat, dan standar etika yang tinggi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan klien, sedangkan atribut taat pada standar umum, independensi, keterlibatan komite audit, keterlibatan pimpinan KAP, dan sikap tidak mudah percaya tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan klien. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa atribut kualitas audit memberikan pengaruh terhadap kepuasan klien sebesar 90,40%. Saran yang diajukan pada penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kepuasan klien, auditor perlu membuat perencanaan yang lebih matang dan tepat, serta lebih mempertimbangkan sifat dan luas pekerjaan yang harus dilaksanakan asisten, agar pelaksanaan audit dapat lebih efektif dan efisien.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6259
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.66Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 58.81Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 45.65Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 100.5Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 120.0Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 103.2Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 27.50Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 26.96Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 240.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 264.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 499.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1020.Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.86Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 47.41Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record