PENGARUH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA (Survei pada Beberapa Kantor Pusat Bank Swasta di Wilayah Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA (Survei pada Beberapa Kantor Pusat Bank Swasta di Wilayah Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH ANALISIS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA (Survei pada Beberapa Kantor Pusat Bank Swasta di Wilayah Kota Bandung)
Author: Mahardika, Rike
Abstract: Penelitian ini dilakukan pada beberapa Kantor Pusat Bank Swasta yang berada di wilayah Kota Bandung. Maksud dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai pengaruh analisis laporan keuangan terhadap efektivitas pemberian kredit modal kerja. Pemberian kredit merupakan kegiatan utama bank yang mengandung risiko dan dapat berpengaruh pada kesehatan dan kelangsungan usaha bank. Sehingga dalam pelaksanaanya bank harus berpegang pada azas-azas perkreditan yang sehat guna melindungi dan memelihara kepentingan dan kepercayaan masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, yaitu suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu kondisi, suatu pemikiran ataupun kelas peristiwa pada masa sekarang yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perusahaan, khususnya mengenai aspek-aspek yang sedang diteliti. Untuk menguji hipotesis yang ada digunakan koefisien korelasi Rank Spearman dengan n = 10, dan tingkat signifikasi sebesar 0,05. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa jawaban responden dalam penggunaan analisis laporan keuangan memberikan presentase jawaban sebanyak 69.75%, dan efektivitas pemberian kredit modal kerja memperoleh presentase jawaban sebanyak 82.78%. Pengaruh analisis laporan keuangan terhadap efektivitas kredit modal kerja termasuk kuat, yaitu sebesar 0,656. Sedangkan peran atau kontribusi analisis laporan keuangan yang memadai terhadap efektivitas kredit modal kerja memperoleh hasil sebesar 43.1%, sisanya sebesar 56,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa analisis laporan keuangan yang dilakukan secara memadai cukup berperan terhadap efektivitas pemberian kredit modal kerja. Mengingat pentingnya analisis yang dilakukan, maka diharapkan pihak bank memberikan pelatihan secara kontinyu kepada para analis kredit, supervisi kredit dan account officer. Sehingga analisis yang dilakukan menjadi lebih handal.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6254
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 22.29Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.42Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 25.89Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 42.69Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 189.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 58.69Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 154.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 27.73Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.84Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record