PENGARUH ROLE STRESS AUDITOR INTERNAL TERHADAP KINERJA INTERNAL AUDIT ( Penelitian Pada Departement Internal Audit PT.PLN (Persero) )

Widyatama Repository

PENGARUH ROLE STRESS AUDITOR INTERNAL TERHADAP KINERJA INTERNAL AUDIT ( Penelitian Pada Departement Internal Audit PT.PLN (Persero) )

Show full item record

Title: PENGARUH ROLE STRESS AUDITOR INTERNAL TERHADAP KINERJA INTERNAL AUDIT ( Penelitian Pada Departement Internal Audit PT.PLN (Persero) )
Author: Paramitha, Nyayu Kemala
Abstract: Auditor merupakan profesi yang erat hubungannya dengan kondisi stress karena banyaknya tekanan peran dalam pekerjaannya. Salah satu sumber dari stress adalah terperangkapnya auditor dalam situasi dimana auditor tidak dapat lepas dari tekanan peran dalam pekerjaannya. Tekanan Peran (Role Stress) dalam pekerjaan muncul karena adanya dua kondisi yang dihadapi oleh auditor, yaitu ambiguitas peran (role ambiguity) dan konflik peran (role conflict). Untuk mengetahui bagaimana pengaruh role stress auditor internal terhadap kinerja internal audit, penulis melakukan penelitian pada departemen Internal Audit di PT.PLN (Persero) yang bertempat di jalan Asia Afrika no. 63 Bandung. Penulis menggunakan dua indikator untuk mengukur role ambiguity, yaitu fungsi, wewenang, dan tanggungjawab auditor internal, serta harapan seseorang/sekelompok orang mengenai peran auditor internal. Untuk mengukur role conflict digunakan empat indikator, yaitu peran auditor internal, tuntutan terhadap peran auditor internal, kemampuan dan pengetahuan yang memadai sebagai auditor internal, dan penyimpangan tingkah laku auditor internal. Sedangkan dalam pengukuran kinerja internal audit menggunakan indikator berdasarkan peraturan atau standar kinerja yang terdapat pada Standar Profesi Audit internal (SPAI) yang terdiri dari tujuh indikator yaitu pengelolaan fungsi pengawasan intern, lingkup penugasan, perencanaan penugasan, pelaksanaan penugasan, komunikasi hasil penugasan, pemantauan tindka lanjut, dan resolusi penerimaan risiko oleh manajemen. Hipotesis penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh role stress auditor internal terhadap kinerja internal audit di PT.PLN (Persero). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif dengan bentuk sebab akibat. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah auditor internal yang berada di dalam lingkungan departemen internal audit PT.PLN (Persero) Bandung. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis dilakukan proses transformasi data dari ordinal menjadi interval dengan menggunakan program Methods of succesive Interval (MSI) setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi berganda dan koefisien korelasi Product moment Pearson, untuk uji statistik dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 For Windows. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang erat/kuat sebesar 71,6 persen antara role stress auditor internal terhadap kinerja internal audit, dan angka fhitung 8,824 ≥ ftabel 4,737 menunjukan bahwa role stress auditor internal berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja internal audit. Sehingga dapat diambil suatu kesimpulan bahwa role stress yang dialami auditor internal memiliki pengaruh negatif terhadap kinerja internal audit, yang berarti bahwa semakin rendah role stress yang dialami oleh auditor internal akan meningkatkan kinerja internal audit.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6250
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 96.50Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 70.05Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 122.8Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 110.3Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 109.2Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 104.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 103.7Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 217.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 196.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 287.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 403.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 117.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 105.4Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record