PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Survei pada perusahaan kelompok Industri Properti dan Real Estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Survei pada perusahaan kelompok Industri Properti dan Real Estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM (Survei pada perusahaan kelompok Industri Properti dan Real Estat yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Wardi, Muhammad Gemilang
Abstract: Saham perusahaan publik merupakan komoditi investasi yang menarik namun tetap beresiko. Sebelum menginvestasikan dananya, investor dituntut untuk menyelidiki, menganalisis dan memilih saham-saham emiten yang akan atau telah dipilih agar diperoleh hasil yang maksimal dengan risiko yang minimal. Untuk dapat menghasilkan keputusan yang optimal dalam kegiatan investasi, investor pada dasarnya harus mampu mengolah dan menganalisis semua informasi yang ada baik internal maupun eksternal. Namun pada prakteknya, investor lebih sering menekankan pada informasi internal yang terdapat pada laporan keuangan perusahaan, karena laporan keuangan memberikan informasi keuangan dan gambaran paling representative mengenai hasil kinerja usaha yang telah dicapai perusahaan. Penilaian terhadap informasi keuangan perusahaan merupakan unsur yang penting analisis investasi, termasuk analisis Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perubahan harga saham perusahaan Industri Manufaktur yang go public di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori dengan menjelaskan hubungan kausalitas dan teknik pengumpulan sampel. Penulis menggunakan perhitungan dengan metode statistik analisis regresi berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F untuk pengujian secara simultan dan uji t untuk pengujian secara parsial. Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial menunjukan bahwa Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap perubahan harga saham. Dan hasil uji hipotesis secara simultan menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap perubahan harga saham sebesar 30,3% dan sisanya sebesar 69.7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER), atau dapat dikatakan bahwa Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) secara bersama-sama mempengaruhi perubahan harga saham.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6248
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 140.5Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 94.68Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 84.03Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 149.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 236.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 256.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 758.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 87.93Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record