PENGARUH ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS BELANJA OPERASIONAL (studi kasus pada Dinas Pendidikan Kota Sukabumi)

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS BELANJA OPERASIONAL (studi kasus pada Dinas Pendidikan Kota Sukabumi)

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN BERBASIS KINERJA TERHADAP EFEKTIVITAS BELANJA OPERASIONAL (studi kasus pada Dinas Pendidikan Kota Sukabumi)
Author: Astuti, Dewi Sarah
Abstract: Paradigma baru masyarakat modern mendorong reformasi dalam pengolahan keuangan daerah. Salah satu wujud reformasi tersebut adalah penerapan anggaran berbasis kinerja. Proses penyusunan dan sasaran yang ingin dicapai dari sistem anggaran berbasis kinerja menggambarkan adanya peluang bagi daerah untuk mengembangkan visi dan misi serta mewujudkan keinginan dan harapan masyarakat sesuai dengan potensi yang dimiliki daerah yang bersangkutan. Anggaran berbasis kinerja merupakan suatu sistem anggaran yang lebih menekankan pada pendayagunaan dana yang tersedia untuk mencapai hasil yang optimal. Tujuan penelitian ini mencoba untuk melihat ada tidaknya Pengaruh Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Efektivitas Belanja Operasional yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kota Sukabumi. Metode yang digunakan oleh penulis ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti, yaitu dengan menyebarkan kuesioner, wawancara dan observasi serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan atau sumbersumber lain yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Hipotesis yang diajukan adalah Anggaran Berbasis Kinerja mempunyai pengaruh signifikan terhadap Efektivitas Belanja Opersional. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi, dan uji t . Pengujian dengan analisis korelasi ditunjukan untuk mengetahui kuat lemahnya hubungan variabel independen dengan variabel dependen. Hasil analisis korelasi atau nilai r adalah 0.902 artinya hubungan antara kedua variabel tersebut adalah sangat kuat. Sementara itu besarnya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dapat ditujukan dengan koefisien determinasi yaitu sebesar 81.36%, sedangkan sisanya 18.64% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian. Dalam pengujian hipotesis penulis menggunakan statistik uji t . Bila t (hitung) > t (tabel) maka keputusan statistiknya Ho ditolak atau Ha diterima. Hasil pengujian hipotesis ini menunjukkan thitung > ttabel artinya bahwa Anggaran Berbasis Kinerja dengan Efektivitas Belanja Opersional terdapat korelasi positif. Dengan demikian nilai thitung > ttabel, sehingga keputusan statistiknya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Anggaran Berbasis Kinerja mempunyai hubungan yang signifikan dengan efektivitas Belanja Operasional. Maka hipotesis Terdapat pengaruh positif antara Anggaran Berbasis Kinerja Terhadap Efektivitas Belanja Operasional dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6243
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 13.98Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 36.37Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 132.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 165.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 182.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 152.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 36.22Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.58Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record