PENERAPAN AKUNTANSI FORENSIK DAN AUDIT INVESTIGATIF SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PENGUNGKAPAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Kasus Perusahaan X di Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan RI Provinsi Jawa Barat)

Widyatama Repository

PENERAPAN AKUNTANSI FORENSIK DAN AUDIT INVESTIGATIF SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PENGUNGKAPAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Kasus Perusahaan X di Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan RI Provinsi Jawa Barat)

Show full item record

Title: PENERAPAN AKUNTANSI FORENSIK DAN AUDIT INVESTIGATIF SEBAGAI ALAT BANTU DALAM PENGUNGKAPAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Kasus Perusahaan X di Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan RI Provinsi Jawa Barat)
Author: Renimeiva
Abstract: Kecurangan ekonomi maupun praktik korupsi merupakan warisan pemerintahan orde baru dan salah satu masalah bangsa yang tidak bisa diberikan kompromi. Upaya pemberantasan korupsi dan kecurangan lainnya seharusnya menunjukkan hasil yang memuaskan yaitu penanganan kasus-kasus korupsi secara efektif dan memberikan efek jera, serta pemerintah tidak tebang pilih menyelesaikan kasus yang ada. Namun pemberantasan korupsi belum menunjukkan hasil yang maksimal sampai saat ini karena banyak kendala yang dihadapi pada proses pengungkapannya. Untuk membantu pemerintah khususnya para penegak hukum menyelesaikan kasus korupsi, akuntansi forensik dan audit investigatif diaplikasikan sebagai alat bantu dalam pengungkapan korupsi dan kecurangan lainnya. Akuntansi forensik dan audit investigatif merupakan gabungan berbagai disiplin ilmu seperti audit, hukum, dan akuntansi yang dilakukan oleh akuntan forensik dan investigator sebagai ahli mengungkap adanya korupsi dan kecurangan. Penulisan skripsi ini dibatasi pada permasalahan yaitu bagaimana gambaran penerapan akuntansi forensik dan audit investigatif yang digunakan dalam pengungkapan kasus korupsi melalui observasi studi kasus korupsi. Theodorus Tuanakotta menyatakan bahwa tahapan akuntansi forensik berawal dari proses audit investigatif yang mengidentifikasikan potensi adanya kecurangan berdasarkan informasi awal berupa tuduhan, keluhan, maupun temuan audit eksternal atau internal. Tahap selanjutnya ialah menemukan bukti audit sehingga direkonstruksikan menjadi alat bukti yang sah menurut hukum, menghitung nilai kerugian yang terjadi, melakukan input berkas kasus penuntutan dan hukum acara pengadilannya. Selama proses pembuatan skripsi ini, penulis mengadakan survei pada Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan RI Provinsi Jawa Barat. Penulis menggunakan metode penelitian eksploratif yang bertujuan untuk mengetahui suatu gejala atau peristiwa dengan melakukan studi penjajakan terhadap kasus tersebut. Teknik pengumpulan datanya adalah penelitian lapangan (penelitian yang dilakukan secara langsung datang ke lembaga yang dianalisis untuk memperoleh data). Penulis juga menggunakan penelitian kepustakaan yaitu penelitian dengan membaca dan mempelajari literatur-literatur, dan buku-buku yang berhubungan dengan masalah yang dibahas. Variabel-variabel pada penelitian ini ialah akuntansi forensik dan audit investigatif sebagai variabel X (merupakan cara yang dilakukan untuk mengungkapkan kecurangan) dan tindak pidana korupsi sebagai variabel Y. Data yang diperoleh adalah data primer (data yang dikumpulkan dari situasi aktual yaitu peristiwa korupsi yang terjadi). Simpulan yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah auditor BPK telah menerapkan akuntansi forensik dan audit investigatif sebagai alat bantu dalam pengungkapan kasus korupsi Penyalahgunaan Dana Pungut Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor pada Rekening Biaya Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan di Dinas Pendapatan Daerah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6236
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 27.41Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 37.14Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 27.82Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.72Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 37.20Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 27.71Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 26.10Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.59Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 48.40Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 134.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 66.67Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 183.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 31.13Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 28.23Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record