PENGARUH RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Bank Mega Syariah Cabang Kota Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Bank Mega Syariah Cabang Kota Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH (Studi Kasus pada Bank Mega Syariah Cabang Kota Bandung)
Author: Rizkiandi, Rendy
Abstract: Kegiatan pokok industri perbankan syariah adalah mengumpulkan dana dan menyalurkan dana. Penyaluran dana yang dilakukan bank syariah adalah pemberian pembiayaan kepada debitur yang membutuhkan, baik modal usaha maupun untuk konsumsi. Bank syariah merupakan bank dengan prinsip bagi hasil yang menyediakan pembiayaan diantaranya adalah pembiayaan mudharabah dimana pembiayaan mudharabah merupakan salah satu instrumen pengganti bunga. Pembiayaan mudharabah ialah akad kerjasama usaha antara dua pihak dimana pihak pertama (shahibul maal) menyediakan seluruh modal, sedangkan pihak lainnya menjadi pengelola dana (mudharib) dengan kesepakatan dimuka. Pemberian pembiayaan berdasarkan prinsip syariah oleh bank mengandung resiko kegagalan atau kemacetan pelunasannya sehingga dapat berpengaruh terhadap kesehatan bank, pembiayaan mudharabah pun memiliki resiko, oleh karena itu bank sebagai lembaga yang mendapat kepercayaan dari masyarakat harus dapat menjaga beberapa hal penting seperti memelihara kesehatan bank dari penilaian kesehatan bank ini pada akhirnya akan diketahui tingkat profitabilitas bank tersebut. Dari hal ini dapat dilihat bahwa ada suatu dilema yang dihadapi oleh manajemen bank yaitu mengelola pembiayaan bermasalah agar tidak menurunkan tingkat profitabilitas bank untuk memperoleh keuntungan. Atas dasar itu, maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Risiko pembiayaan mudharabah yang dinyatakan dengan non performing financing terhadap tingkat profitabilitas bank syariah yang dinyatakan dengan return on assets. Metodologi yang digunakan penulis adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, sedangkan memperoleh data dilakukan penelitian lapangan berupa wawancara, dan observasi. Selain itu digunakan juga penelitian kepustakaan. Metode ini merupakan metode yang berusaha menyajikan dan menganalisanya sehingga dapat memberikan gambaran yang cukup jelas atas objek yang telah diteliti dan ditarik kesimpulan dari pengujian hipotesis yaitu dengan menggunakan analisis sederhana. Uji signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan statistik uji t menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara risiko pembiayaan mudharabah (NPF) terhadap tingkat profitabilitas bank syariah (ROA).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6235
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 36.08Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 22.10Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.40Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 126.1Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 281.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 216.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 334.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 40.93Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 25.75Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record