PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENJUALAN SEWA KENDARAAN (Studi Kasus Pada PT. Rental ”X” di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENJUALAN SEWA KENDARAAN (Studi Kasus Pada PT. Rental ”X” di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PENJUALAN SEWA KENDARAAN (Studi Kasus Pada PT. Rental ”X” di Bandung)
Author: Paulina, Nova
Abstract: Dalam suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa transportasi khususnya rental, aktivitas penjualan sewa kendaraan mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan dan perkembangan perusahaan karena aktivitas tersebut menghasilkan pendapatan bagi rental. Oleh karena itu, diperlukan suatu pengelolaan atas penjualan sewa kendaraan yaitu dengan melaksanakan suatu audit terhadap pengelolaan penjualan sewa kendaraan dengan tujuan untuk menemukan penyimpanganpenyimpangan dan mencapai tujuan secara efektif. Judul penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah “Peranan Audit Internal dalam Menunjang Efektivitas Pengelolaan Penjualan Sewa Kendaraan” (Studi kasus pada PT. Rental “X” di Bandung). Masalah-masalah yang dibahas antara lain menyangkut perencanaan audit internal, efektivitas pengelolaan atas penjualan sewa kendaraan dan peranan audit internal terhadap efektivitas pengelolaan penjualan sewa kendaraan. Dalam penyusunan skripsi ini penulis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu metode yang membandingkan antara hasil yang diperoleh dari penelitian langsung dengan teori-teori dari penelitian kepustakaan, selanjutnya membuat analisa, mengambil kesimpulan dan memberikan saran-saran. Penulis menggunakan teknik pengumpuan data melalui penelitian lapangan (Field Research), yaitu dengan melakukan wawancara, observasi dan kuesioner serta melalui penelitian kepustakaan (Library Research), yaitu dengan cara mengumpulkan bahan-bahan dari berbagai sumber dan mempelajari literatur-literatur yang berhubungan dengan penelitian dan pembahasan skripsi untuk memperoleh dasar teoritis. Dalam menilai penerapan audit internal penulis menggunakan kuesioner. Seluruh jawaban atas kuesioner tersebut menunjukkan adanya kekuatan dan kelemahan atas pengelolaan yang ada dalam perusahaan sampai diambilnya kesimpulan apakah audit internal telah dilaksanakan secara memadai, sehingga menunjang efektivitas pengelolaan penjualan sewa kendaraan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa audit internal telah dilaksanakan dengan memadai, hal ini terlihat dari independensi audit internal, kemampuan profesional, lingkup pemeriksaan, program audit internal, pelaksanaan kegiatan pemeriksaan dan mnajemen bagian audit internal. Dengan menerima data tertulis dari perusahaan serta melakukan wawancara dengan pihak terkait, analisis studi lapangan, melihat temuantemuan dan memberikan saran-saran dapat disimpulkan bahwa dengan adanya audit internal dapat menunjang pengelolaan penjualan sewa kendaraan pada PT. Rental “X” di Bandung.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6231
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 97.68Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 107.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 114.7Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 131.1Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 146.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 199.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 170.7Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 320.0Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 136.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 127.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record