ANALISIS PENERAPAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUN (Studi Kasus Pada Bank BTPN Cabang Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS PENERAPAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUN (Studi Kasus Pada Bank BTPN Cabang Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS PENERAPAN PENGENDALIAN INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PEMBERIAN KREDIT PENSIUN (Studi Kasus Pada Bank BTPN Cabang Bandung)
Author: Megajaya, Nova
Abstract: Seiring berkembangnya kebutuhan masyarakat dalam mencapai suatu kebutuhan, maka terjadi peningkatan kebutuhan dari segi finansial. Untuk mendapatkan kebutuhan finansial ini berbagai individu dari sebagian kelompok masyarakat membutuhkan modal yang dapat mendukungnya. Salah satu cara untuk mendapatkan modal tersebut adalah dengan cara melakukan pengajuan kredit. Untuk para pensiunan pada suatu instansi dapat mengajukan suatu kredit untuk pensiun yang disebut kredit pensiun. Kredit pensiun memiliki berbagai macam risiko yaitu adanya pemalsuan SKEP yang diajukan oleh calon debitur, adanya pensiun yang memiliki SKEP ganda yang dapat mengajukan kredit lebih dari satu lembaga keuangan, dan meninggalnya debitur pada saat masa kredit. Untuk mencegah hal ini diperlukan pengendalian internal yang baik. Dengan adanya pengendalian internal yang baik maka akan meminimalkan risiko yang akan terjadi. Penelitian dilakukan pada Bank BTPN Cabang Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pengendalian internal dalam menunjang efektivitas pemberian kredit pensiun. Efektivitas pemberian kredit pensiun dapat dinilai dari tercapainya tujuan kredit pensiun, tercapainya anggaran pemberian kredit, dan membaiknya posisi kolektibilitas kredit. Penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu penelitian atas data-data yang telah dikumpulkan melalui pembagian kuesioner dan wawancara yang dilakukan penulis, kemudian dianalisis dan diproses lebih lanjut berdasarkan teori yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, penulis melihat bahwa penerapan pengendalian internal melalui perhitungan kuesioner dengan menggunakan skala likert mendapatkan nilai 776 yang menunjukan hasil sangat baik, prosedur pemberian kedit pensiun mendapatkan nilai 796 yang menunjukan hasil sangat baik, dan efektivitas pemberian kredit pensiun mendapatkan nilai 273 yang menunjukan hasil sangat baik. Dari hasil perhitungan kuesioner tersebut, maka penulis menyimpulkan bahwa Penerapan Pengendalian Internal Dalam Menunjang Efektivitas Pemberian Kredit Pensiun telah berjalan dengan baik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6230
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 23.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.24Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 97.45Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 158.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 96.54Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 173.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 35.56Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 29.17Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record