ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED ATAS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (studi survei pada Kelompok Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI)

Widyatama Repository

ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED ATAS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (studi survei pada Kelompok Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI)

Show full item record

Title: ANALISIS ECONOMIC VALUE ADDED ATAS LAPORAN KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA PERUSAHAAN (studi survei pada Kelompok Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI)
Author: Danissa, Norre Dermy
Abstract: Saat ini di Indonesia telah mengalami banyak kemajuan dalam hal perkembangan teknologi industri, teknologi informasi, dan teknologi telekomunikasi. Walaupun Indonesia termasuk negara yang tergolong lambat di bidang telekomunikasi, tetapi sekarang kita sudah dapat melihat dan merasakan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi tersebut. Perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang ini saling bersaing untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan berbagai produk yang telah ditawarkan. Beberapa temuan empiris menunjukkan bahwa economic value added (EVA) sangat tepat digunakan dalam menilai kinerja perusahaan pada laporan keuangan. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis bermaksud untuk melakukan penelitian dalam penyusunan skripsi yang berjudul : “Analisis Economic Value Added Atas Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan survei. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang kemudian diolah, dan dianalisis. Untuk metode analisis menggunakan metode regresi sederhana dan korelasi product moment. Untuk pengujian hipotesisnya, menggunakan statistik uji t dan untuk metode analisis tersebut penulis menggunakan software computer SPSS for Windows 15.0. Dari hasil pengolahan diperoleh rhitung 0.322, 0.407, 0.137 yang menunjukkan bahwa hubungan antar veriabel adalah rendah kecuali pada rhitung EVA dengan Total Assets Turnover adalah sedang. Berdasarkan uji signifikansi diperoleh nilai thitung lebih kecil daripada ttabel yaitu sebesar : a. EVA dengan Fixed Assets Tutnover, thitung -2.253 dan ttabel 2.021. b. EVA dengan Total Assets Turnover, thitung -2.952 dan ttabel 2.021. c. EVA dengan Average Collection Period, thitung 0.925 dan ttabel 2.021. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho diterima, dengan demikian variabel rasio aktivitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap EVA untuk menilai kinerja perusahaan. Sebaiknya perusahaan menggunakan economic value added (EVA) dalam menilai kinerja perusahaan karena EVA merupakan pengukuran yang memperhitungkan biaya modal dalam perolehan modal perusahaan, sehingga dapat diketahui perolehan laba yang sebenarnya. Selain itu, perusahaan dapat memberikan nilai tambah bagi investor dan merupakan investasi jangka panjang yang baik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6229
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 20.52Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 25.85Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 68.72Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.97Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 64.53Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 195.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 142.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 267.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 56.29Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.68Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record