ANALISIS KEGUNAAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE (Studi survey pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

ANALISIS KEGUNAAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE (Studi survey pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: ANALISIS KEGUNAAN RASIO KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI RETURN SAHAM PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE (Studi survey pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)
Author: Endharto, Nadia Tri
Abstract: Laporan keuangan belum dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi pemakai sebelum laporan keuangan tersebut dianalisis lebih lanjut dalam bentuk analisis rasio keuangan. Rasio keuangan memungkinkan investor menilai kinerja perusahaan di masa lalu dan masa kini serta sebagai pedoman bagi investor mengenai kinerja masa mendatang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah rasio keuangan mampu memprediksi return saham perusahaan property dan real estate untuk periode satu tahun, sehingga rasio keuangan tersebut dapat digunakan oleh investor untuk menentukan investasi saham pada perusahaan manakah yang dapat memberikan hasil (return) yang layak bagi investor tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ujihubungan dengan pendekatan cross sectional study. Metode statistik yang digunakan untuk pengolahan dan analisis data adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t. Objek penelitian ini adalah rasio keuangan untuk perusahaan property dan real estate. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Populasi yang diteliti adalah seluruh perusahaan property dan real estate yang telah go public dan terdaftar di BEI selama periode 2006 dan 2007, yang terdiri dari 25 perusahaan. Data harga saham untuk menghitung return saham akhir tahun digunakan data harga saham penutupan Tanggal 31 Desember. Pada tingkat signifikansi 10%, hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa untuk periode satu tahun ke depan rasio keuangan ( current ratio, quick ratio, debt ratio, time-interest-earned ratio, turn asset turnover ratio, inventory turnover ratio, profit margin on sales ratio, return on equity ratio, return on asset ratio, price earning ratio dan price-to-book-value ratio) tidak mampu memprediksi return saham periode satu tahun, sedangkan hasil uji t hanya profit margin on sales ratio yang mampu memprediksi return saham perusahaan property dan real estate dan rasio keuangan lainnya ( current ratio, quick ratio, debt ratio, time-interest-earned ratio, turn asset turnover ratio, inventory turnover ratio, return on equity ratio, return on asset ratio, price earning ratio dan price-to-book-value ratio) tidak mampu.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6226
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 33.46Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 26.76Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 28.56Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 33.16Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 29.00Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 24.09Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.99Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 23.87Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 72.08Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 151.1Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 149.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 157.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 38.00Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 41.57Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record