PENGARUH KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 25/29 BADAN (Studi Survey Pada Wajib Pajak Badan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang)

Widyatama Repository

PENGARUH KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 25/29 BADAN (Studi Survey Pada Wajib Pajak Badan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang)

Show full item record

Title: PENGARUH KEPATUHAN WAJIB PAJAK BADAN TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 25/29 BADAN (Studi Survey Pada Wajib Pajak Badan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang)
Author: Nurhasanah, Lenna
Abstract: Kantor Pelayanan Pajak mempunyai kewajiban agar wajib pajak dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar dengan cara memberikan informasi dan penyuluhan mengenai ketentuan perpajakan yang berlaku baik ketentuan mengenai hak dan kewajiban wajib pajak. Sehingga mempunyai pengaruh yang baik terhadap kepatuhan wajib pajak badan dalam memenuhi kewajiban perpajakannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepatuhan wajib pajak badan terhadap penerimaan pajak penghasilan pasal 25 badan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sumendang dan untuk mengetahui kekurangan penerimaan pajak penghasilan sesuai pasal 25/29 badan di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sumendang. Lokasi penelitian yang dilakukan adalah pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumedang, metode yang digunakan adalah metode deskriptif serta pengumpulan datanya didapat dengan cara observasi langsung dan wawancara. Unruk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 25/29 Badan. Dari hasil penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan statistik parametik melalui uji koefisien korelasi pearson, dan tingkat signifikan α = 0,05 diperoleh hasil bahwa dalam menganalisis Pengaruh Kepatuhan Wajib Pajak Badan Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Pasal 25/29 Badan nilai r = 0.910 ; t = 6,922. Nilai ini menunjukan bahwa kepatuhan wajib pajak badan memiliki hubungan positif yang sangat kuat dengan penerimaan pajak penghasilan pasal 25/29 badan. Sedangkan R squer diperoleh sebesar 0.827 yang berarti kepatuhan wajib pajak badan itu hanya mempunyai pengaruh sebesar 82,7% terhadap penerimaan pajak penghasilan pasal 25/29 badan, sedangkan sisanya sebesar 17,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar kepatuhan Wajib Pajak Badan yang tidak diteliti. Hal ini berarti, hipotesis ”jika kepatuhan wajib pajak badan dipatuhi dengan baik, maka akan mempengaruhi penerimaan pajak penghasilan pasal 25/29 badan” ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tersebut, penulis menyimpulkan bahwa kepatuhan wajib pajak badan mempunyai pengaruh yang sifnifikan terhadap penerimaan pajak penghasilan pasal 25/29 badan pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sumedang.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6224
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 130.8Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 103.2Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 143.4Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 102.1Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 98.14Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 259.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 320.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 352.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 261.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 195.9Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 169.0Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record