PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) ( Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung )

Widyatama Repository

PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) ( Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung )

Show full item record

Title: PERANAN AUDIT INTERNAL DALAM PENCEGAHAN KECURANGAN (FRAUD) ( Studi kasus pada PT. Pos Indonesia (Persero) Bandung )
Author: Anggraeni, Intan Riana
Abstract: Persyaratan yang wajib dipenuhi sebagai tugas akhir mahasiswa untuk menyelesaikan studinya pada jenjang Strata Satu (S1) di Universitas Widyatama adalah menyusun sebuah skripsi, dimana dalam hal ini penulis mengambil judul : “Peranan Audit Internal dalam Pencegahan Kecurangan (Fraud)” . Skripsi ini disusun berdasarkan hasil penelitian langsung pada Kantor Pusat PT. Pos Indonesia Sub. Direktorat Sarana Bandung, khususnya pada bagian Satuan Pengawasan Intern (SPI) yang beralamat di Jalan Jakarta No. 34 Bandung. Audit internal merupakan fungsi penilaian yang dalam satu organisasi untuk menguji dan mengevaluasi kegiatan organisasi yang dilaksanakan. Penilaian tersebut meliputi seluruh aktifitas perusahaan termasuk penilaian terhadap struktur organisasi, rencana-rencana, kebijakan, prestasi pegawai, dan ketaatan terhadap prosedur. Audit internal sangat dibutuhkan dalam organisasi atau perusahaan baik yang bergerak di bidang produksi maupun jasa. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi dan data yang mendukung dlam penelitian baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pelaksanaan audit internal telah dilaksanakan secara memadai, dan apakah audit internal berperan dalam pencegahan kecurangan. Data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara, penyebaran kuesioner dan berbagai literatur yang relevan dengan masalah penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus, dimana datadan informasi yang diperoleh selama penelitian akan diolah, diproses dan di analisis dengan menggunakan teori-teori yang relevan. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa pelaksanaaan audit internal di kantor pusat PT. Pos Indonesia Sub. Direktorat Sarana Bandung sudah memadai sehingga pencegahan kecurangan yang dilakukan tinggi. Hal ini terlihat dari total skor untuk variabel X (peranan audit internal) sebesar 954, yaitu berada diantara 882,4 – 1050,4 dimana angka ini adalah kriteria memadai. Sedangkan total skor untuk variabel Y (pencegahan kecurangan) adalah 600, yaitu berada di antara nilai 546,4 – 650,4, dimana angka tersebut adalah kriteria sangat tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa audit internal berperan dalam pencegahan kecurangan (fraud). Untuk mencegah terjadinya fraud pada perusahaan, penulis mengajukan saran bahwa audit internal hendaknya terus menerus meninjau dan melakukan tindak lanjut audit untuk memastikan apakah tindakan perbaikan untuk mengatasi kelemahankelemahan yang ditemukan dalam audit sudah dilaksanakan oleh manajemen, audit internal hendaknya memahami dan mengerti kegiatan auditee, dalam hal mengevaluasi sistem pengendalian intern, sehingga kegiatan auditee dapat dimaksimalkan, dan kecurangan dapat dihindarkan, serta kinerja auditor internal PT. Pos Indonesia hendaknya terus ditingkatkan agar dapat mengetahui dan menghindari terjadinya kecurangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6222
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 35.20Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 45.93Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 56.78Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 62.05Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 50.04Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 46.50Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 46.22Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 78.55Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 169.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 120.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 141.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 59.05Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 55.37Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record