PENGARUH KEGIATAN EKSTENSIFIKASI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri di KPP Pratama Bandung-Karees)

Widyatama Repository

PENGARUH KEGIATAN EKSTENSIFIKASI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri di KPP Pratama Bandung-Karees)

Show full item record

Title: PENGARUH KEGIATAN EKSTENSIFIKASI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri di KPP Pratama Bandung-Karees)
Author: Putriana, Helda
Abstract: Pajak merupakan penerimaan negara yang paling utama. Peran aktif dan kesadaran masyarakat pembayar pajak sangat diperlukan dalam pembayaran pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstensifikasi, tingkat penerimaan pajak penghasilan orang pribadi, dan seberapa besar pengaruh kegiatan ekstensifikasi terhadap penerimaan pajak penghasilan orang pribadi. Berdasarkan pemikiran diatas, penulis mencoba melakukan penelitian pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung-Karees yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul : ”Pengaruh Kegiatan Ekstensifikasi terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi”. Pelaksanaan kegiatan ekstensifikasi yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung-Karees dapat dikategorikan rendah yang ditunjukkan oleh hasil analisis koefisien korelasi Pearson Product Moment yang menghasilkan korelasi positif sebesar 0,365 yang berarti terdapat hubungan yang lemah antara variabel X (Kegiatan Ekstensifikasi) dengan variabel Y (Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi) yang bersifat searah, artinya bila terjadi kenaikan aktivitas Kegiatan Ekstensifikasi akan mengakibatkan kenaikan Penerimaaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi namun jumlahnya tidak signifikan. Kegiatan Ekstensifikasi berpengaruh positif secara tidak signifikan terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi dalam memenuhi kewajiban pajaknya. Hal ini dibuktikan oleh hasil penghitungan secara statistik yang menunjukkan thitung < ttabel (0,677 < 3,1825) dengan Koefisien Determinasi (Kd) sebesar 13,3% pada tingkat keyakinan/kepercayaan 95% (tingkat signifikansi (α) 0,05). Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesisi yang semula diajukan yaitu : “Kegiatan Ekstensifikasi yang Dilaksanakan Secara Efektif Akan Meningkatkan Tingkat Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi” ditolak.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6220
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 110.6Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 98.04Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 136.2Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 148.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 128.1Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 123.4Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 95.44Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 96.07Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 204.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 273.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 324.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 279.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 183.5Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 150.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record