PENGARUH PERATAAN LABA TERHADAP HARGA SAHAM DAN HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Survei pada perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH PERATAAN LABA TERHADAP HARGA SAHAM DAN HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Survei pada perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH PERATAAN LABA TERHADAP HARGA SAHAM DAN HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT PENGEMBALIAN SAHAM (Survei pada perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia)
Author: Puspitasari, Raden Githa
Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengtahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara perataan laba terhadap harga saham, apakah ada pengaruh yang signifikan antara harga saham terhadap tingkat pengembalian saham, serta apakah ada pengaruh yang signifikan antara perataan laba secara langsung maupun tidak langsung (melalui harga saham) terhadap tingkat pengembalian saham. Data dalam penelitian ini diambil dari 53 perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia, yang telah dipilih melalui metode purposive sampel. Sampel diklasifikasikan menjadi perata laba dan bukan perata laba menggunakan model Eckel. Untuk perhitungan harga saham, penulis menggunakan data harga saham selama event window yaitu lima hari sebelum dan sesudah laporan keuangan dipublikasikan, sedangkan untuk tingkat pengembalian saham, penulis menggunakan perhitungan return total yang kemudian dirata-ratakan. Penelitian ini menggunakan perhitungan analisis jalur (path analysis) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh antara variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, perataan laba tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham sebesar 10,5% sedangkan harga saham berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pengembalian saham sebesar 29,39%, kemudian perataan laba berpengaruh secara signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui harga saham) terhadap tingkat pengembalian saham yaitu sebesar 36,99%. Sehingga hipotesis yang penulis tetapkan yaitu “pengaruh perataan laba terhadap harga saham dan hubungannya dengan tingkat pengembalian saham”, dapat diterima. Penelitian ini direkomendasikan bagi para investor agar lebih berhati-hati dalam melakukan analisis sebelum investasi dan bagi para regulator di lingkungan pasar modal untuk menyusun ketentuan yang berkaitan dengan pengungkapan informasi dalam laporan keuangan sehingga tidak menyesatkan para pemakai laporan keuangan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6216
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Lembar Pengesahan.pdf 48.20Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 34.16Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 42.07Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 59.59Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.91Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 33.07Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 34.59Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 146.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 248.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 288.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 556.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 42.41Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 58.90Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record