PENGARUH PENDAPATAN PAJAK DAERAH DAN PENDAPATAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP BELANJA PUBLIK ( Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung )

Widyatama Repository

PENGARUH PENDAPATAN PAJAK DAERAH DAN PENDAPATAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP BELANJA PUBLIK ( Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung )

Show full item record

Title: PENGARUH PENDAPATAN PAJAK DAERAH DAN PENDAPATAN BAGI HASIL PAJAK TERHADAP BELANJA PUBLIK ( Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Bandung )
Author: Hadrianti, R. Asri Prawirani
Abstract: Penelitian ini berjudul : “Pengaruh Pendapatan Pajak Daerah dan Pendapatan Bagi Hasil Pajak Terhadap Belanja Publik”, disusun oleh R. Asri Prawirani Hadrianti (01.05.274), dibawah bimbingan Eriana Kartadjumena, S.E., M.M., Ak. Penerimaan Daerah dari sektor perpajakan merupakan andalan pembiayaan pembangunan, sebagaimana tercermin dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang disahkan DPRD setiap tahunnya. Dan APBD itu terlihat betapa penerimaan pajak (tax revenue) mempunyai peranan yang strategis dalam menunjang operasi fiskal pemerintah, dan pengeluaran (expenditure) maupun dalam pengalokasian dan pengendalian kebijakan ekonomi makro. Penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh data empirik mengenai besarnya pengaruh Pendapatan Pajak Daerah dan Pendapatan Bagi Hasil Pajak terhadap Belanja Publik, dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, penulis berusaha untuk memecahkan masalah melalui data-data yang dikumpulkan untuk kemudian diolah dan dianalisis. Variabel yang diteliti untuk Pendapatan Pajak Daerah sebagai variabel independen pertama yang merupakan sumber keuangan yang diperoleh suatu daerah yang berasal dari Pajak Daerah, Pendapatan Bagi Hasil Pajak sebagai variabel independen kedua yang bersumber dari penerimaan APBN yang dialokasikan kepada Pemerintah Daerah dan Belanja Publik sebagai variabel dependen yang merupakan jumlah pengeluaran pelayanan publik yang dibiayai dari Pendapatan Daerah. Hasil analisis korelasi menunjukkan derajat keeratan hubungan secara parsial antara Pendapatan Pajak Daerah (X1) dan Belanja Publik (Y) adalah sebesar 0,892, artinya hubungan antara kedua variabel tersebut adalah sangat kuat dan bergerak positif. Untuk menguji signifikansi pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dilakukan dengan uji t. Hasil pengujian hipotesis antara Pendapatan Pajak Daerah (X1) dan Belanja Publik (Y) ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,422 > 3,182) dengan kriteria = 0,05 dengan demikian Ho1 ditolak dan Ha1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Pajak Daerah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Belanja Publik. Dan hasil pengujian hipotesis antara Pendapatan Bagi Hasil Pajak (X2) dan Belanja Publik (Y) menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,879 > 3,182) dengan kriteria = 0,05 dengan demikian Ho2 ditolak dan Ha2 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendapatan Bagi Hasil Pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Belanja Publik. Sedangkan untuk menghitung tingkat signifikansi pengaruh variabel bebas (Xi) secara simultan terhadap variabel terikat (Y) digunakan uji F. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (42,691 > 19,00) dengan kriteria = 0,05 dengan demikian Ho3 ditolak dan Ha3 diterima, maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan Pendapatan Pajak Daerah dan Pendapatan Bagi Hasil Pajak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Belanja Publik.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6215
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 34.56Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 46.39Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 63.26Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 61.74Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 55.09Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 44.76Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 44.02Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 57.93Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 99.28Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 130.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 115.9Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 120.4Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 65.52Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 52.70Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record