PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PREDIKSI PERTUMBUHAN LABA DI MASA YANG AKAN DATANG ( Survey pada PerusahaanTelekomunikasi yang Terdaftar di BEI )

Widyatama Repository

PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PREDIKSI PERTUMBUHAN LABA DI MASA YANG AKAN DATANG ( Survey pada PerusahaanTelekomunikasi yang Terdaftar di BEI )

Show full item record

Title: PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PREDIKSI PERTUMBUHAN LABA DI MASA YANG AKAN DATANG ( Survey pada PerusahaanTelekomunikasi yang Terdaftar di BEI )
Author: Oktavia
Abstract: Dunia usaha dewasa ini semakin maju ditandai dengan semakin ketatnya persaingan di antara perusahaan-perusahaan yang ada. Persaingan ini terjadi di dalam semua sektor perekonomian baik industri, perdagangan maupun jasa. Hal ini disebabkan oleh arus globalisasi yang melanda dunia yang juga membuat perekonomian semakin terbuka melewati jarak dan batas antar negara. Tidak ada satu negarapun yang tidak terpengaruh oleh perkembangan perekonomian global. Seiring dengan semakin derasnya arus globalisasi, yang di dalamnya dituntut adanya pertukaran informasi yang semakin cepat antar daerah dan negara, membuat peranan telekomunikasi menjadi sangat penting. Hal ini menjadikan industri telekomunikasi menjadi industri yang besar karena kebutuhan akan komunikasi semakin tinggi. Didukung dengan permintaan yang tinggi maka bisnis pada bidang industri telekomunikasi menjadi bisnis yang menggiurkan sehingga mengakibatkan persaingan yang sangat ketat dalam industri ini. Beberapa temuan empiris menunjukkan bahwa rasio keuangan dapat digunakan untuk memprediksi kebangkrutan, keuntungan saham dan pertumbuhan laba. Berdasarkan penjelasan di atas, penulis bermaksud untuk melakukan penelitian dalam penyusunan skripsi yang berjudul: “Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Prediksi Pertumbuhan Laba Di Masa yang Akan Datang”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Dalam penelitian ini metode analisis statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda dan korelasi Product Moment. Pengujian hipotesis manggunakan statistik uji t dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Dari hasil pengolahan diperoleh rhitung sebesar 0,764 yang menunjukkan bahwa hubungan antar variabel adalah kuat. Berdasarkan uji signifikansi diperoleh nilai thitung sebesar 4,74, sedangkan ttabel sebesar 2,120. Maka dapat diketahui bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak, dengan demikian variabel rasio keuangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prediksi laba di masa yang akan datang. Sebaiknya perusahaan menggunakan rasio keuangan untuk memprediksi pertumbuhan laba di masa yang akan datang, karena dapat mencerminkan keadaan laba sebenarnya. Untuk penelitian selanjutnya, hendaknya menggunakan rasio yang lebih banyak agar hasil yang diperoleh lebih akurat dan menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak, agar hasilnya dapat diterapkan di semua industri yang ada.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6212
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 71.09Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 99.92Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 109.5Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 101.6Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 111.9Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 105.7Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 87.12Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 87.22Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 163.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 239.2Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 230.1Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 369.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 93.31Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 116.3Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record