PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN BAHAN BAKU DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi Kasus Pada PT.Pindad (Persero) di Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN BAHAN BAKU DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi Kasus Pada PT.Pindad (Persero) di Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PENGENDALIAN INTERNAL PEMBELIAN BAHAN BAKU DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PROSES PRODUKSI (Studi Kasus Pada PT.Pindad (Persero) di Bandung)
Author: Aprianto, Firman
Abstract: Kegiatan pembelian merupakan aktivitas utama dari sebuah perusahaan untuk menyediakan bahan baku yang digunakan dalam proses produksi. Oleh karena itu diperlukan adanya suatu pengendalian internal pembelian bahan baku yang memadai. Yang menjadi masalah adalah bagaimana peranan pengendalian internal pembelian bahan baku dalam menunjang efektivitas proses produksi. Bertolak dari uraian tersebut, penulis tertarik untuk membahas masalah tersebut dengan hipotesis sebagai berikut: “Pengendalian internal pembelian bahan baku yang memadai akan berperan dalam menunjang efektivitas proses produksi”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menilai kememadaian pengendalian internal atas pembelian bahan baku yang diterapkan pada perusahaan, mengetahui dan menilai efektivitas proses produksi, untuk mengetahui dan menilai peranan pengendalian internal atas pembelian bahan baku dalam menunjang efektivitas proses produksi pada PT.Pindad (Persero). Objek penelitian skripsi ini adalah PT.Pindad (Persero) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur yang berlokasi di Jalan Jenderal Gatot Subroto No. 517 Bandung. Penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian lapangan dan kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, dan untuk mencapai simpulan penulis melakukan pengujian hipotesis dengan cara membandingkan data yang diperoleh dengan teorinya. Hasil pengujian hipotesis dengan korelasi Rank Spearman menunjukkan adanya peranan pengendalian internal pembelian bahan baku (variabel X) dengan efektivitas proses produksi (variabel Y) sebesar 0,8750 yaitu terjadinya hubungan yang baik antara pengendalian internal pembelian bahan baku dalam menunjang efektivitas proses produksi. Pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai t hitung = 5,112 yang berarti lebih besar dari t tabel (5% : n = 10) = 1,812. Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis nol (Ho) ditolak dengan taraf signifikan α = 5%, jadi hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Pengendalian internal pembelian bahan baku yang memadai berperan dalam menunjang efektivitas proses produksi”.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6204
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 100.6Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 120.9Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 126.8Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 192.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 425.1Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 144.2Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 121.7Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record