PENGARUH PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk. DATEL BANDUNG)

Widyatama Repository

PENGARUH PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk. DATEL BANDUNG)

Show full item record

Title: PENGARUH PENGENDALIAN INTERN TERHADAP EFEKTIVITAS PENAGIHAN PIUTANG PERUSAHAAN ( STUDI KASUS PADA PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk. DATEL BANDUNG)
Author: Shidik, Fajar
Abstract: Penagihan Piutang pada perusahaan merupakan suatu proses akhir yang dilakukan oleh perusahaan, dimana saldo piutang akan dikonversi kedalam satuan uang. Dalam perusahaan jasa umumnya 90% kegiatan penjualan produknya adalah dengan menggunakan kredit, oleh karena itu pentingnya proses bisnis ini memungkinkan perusahaan mensiasati bagaiamana caranya agar proses penagihan piutang dapat berjalan dengan efektif dan efeisien sehingga dapat mengurangi kerugian yang akan timbul dalam perusahaan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan pengendalian intern yang dilaksanakan oleh manajemen. Pengendalian Intern adalah suatu proses, yang dilaksanakan oleh dewan direksi, manajemen, dan personel lainnya dalam suatu entitas, yang dirancang untuk menyediakan keyakinan yang mamadai berkenaan dengan pencapaian tujuan dalam kategori berikut : (1) Efektivitas dan efisiensi kegiatan, (2) Keandalan pelaporan keuangan, dan (3) Kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengendalian intern yang dilaksanakan oleh manajemen sebagai variabel Independen terhadap efektivitas penagihan piutang perusahaan di PT Telkom sebagai variabel dependen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus dengan mengambil sampel sebanyak 20 berdasarkan teknik pengambilan sampel puposive sampling dari seluruh karyawan yang berada dalam PT Telkom UBC DIVRE III DATEL Bandung. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan metode analisis korelasi rank spearman.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6203
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 8.177Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.21Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 25.31Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 27.81Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.00Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.31Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 22.85Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 104.4Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 193.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 98.78Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 122.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 26.11Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 26.66Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record