“MANFAAT ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI” (Studi Kasus pada PT.Tarumatex Bandung)

Widyatama Repository

“MANFAAT ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI” (Studi Kasus pada PT.Tarumatex Bandung)

Show full item record

Title: “MANFAAT ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI” (Studi Kasus pada PT.Tarumatex Bandung)
Author: Rahayu, Astrie
Abstract: Untuk menghadapi persaingan dalam pertumbuhan ekonomi dewasa ini suatu perusahaan dituntut untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Salah satu usaha untuk menghadapi tantangan tersebut adalah dengan meningkatkan pengendalian biaya produksi. Berdasarkan pemikiran diatas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PT.Tarumatex sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tekstil terutama mengenai manfaat anggaran biaya produksi dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya produksi dengan tujuan bahwa anggaran biaya produksi dapat dijadikan sebagai suatu alat dalam mengendalikan biaya. Judul yang diambil adalah “MANFAAT ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI”. Tujuan penelitian ini adlah untuk mengetahui proses penyusunan anggaran anggaran produksi pada PT.TARUMATEX. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yaitu metodologi penelitian yang menggambarkan kadaan perusahaan secara apa adanya berdasarkan data dan keterangan yang diperoleh disertai analisis dan di proses lebih lanjut berdasarkan teori-teori yang telah dipelajari yaitu: observasi, wawancara, kuesioner dan penelitian kepustakaan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis champion. Dari hasil pengujian tersebut, dapat ditarik kesimpulan apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak. Hasil penelitian dan pembahasan serta pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa anggaran biaya produksi berperan dalam efektivitas pengendalian biaya produksi. Sedangkan pelaksanaan pengendalian biaya produksi yang dilakukan oleh industri PT.Tarumatex adalah dengan menetapkan anggaran biaya produksi. Membandingkan realisasi dengan anggaran yang telah di tetapkan. Mengevaluasi pelaksanaan anggaran biaya produksi, serta melakukan tindakan koreksi jika terdapat penyimpangan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : bahwa manfaat anggaran biaya produksi sebesar 78,4 % dan efektivitas Pengendalian biaya produksi sebesar 76 % sedangkan untuk manfaat anggaran biaya produksi terhadap efektivitas biaya produksi di peroleh hasil 77% yang dapat disimpulkan bahwa anggaran biaya produksi pada PT.Tarumatex bermanfaat dalam menunjang efektivitas biaya produksi. Penulis menyarankan sebaiknya dalam perusahaan tidak ada bagian yang berfungsi ganda untuk menghindari adanya kecurangan-kecurangan dalam menyusun anggaran biaya produksi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6200
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 58.77Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 67.07Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 64.48Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 98.24Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 316.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 138.6Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 243.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 78.44Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 33.74Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record