PENGARUH RASIO PENDANAAN PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI TERHADAP PEMENUHAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN MANFAAT PENSIUN ( Studi kasus pada Dana Pensiun Telkom Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH RASIO PENDANAAN PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI TERHADAP PEMENUHAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN MANFAAT PENSIUN ( Studi kasus pada Dana Pensiun Telkom Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH RASIO PENDANAAN PADA PROGRAM PENSIUN MANFAAT PASTI TERHADAP PEMENUHAN KEWAJIBAN PEMBAYARAN MANFAAT PENSIUN ( Studi kasus pada Dana Pensiun Telkom Bandung)
Author: Sintama, Amelia
Abstract: Rasio Pendanaan merupakan alat ukur keuangan untuk menilai kemampuan Dana Pensiun dalam memenuhi kewajibannya dalam membayar manfaat pensiun kepada pesertanya. Terdapat 3 kondisi Rasio Pendanaan, yaitu (1) Kondisi I, merupakan kondisi dimana Rasio Pendanan berada pada tingkat 100%, (2) Kondisi II, merupakan kondisi dimana Rasio Pendanaan berada > 100%, (3) Kondisi III, merupakan kondisi dimana Rasio Pendanaan < 100%. Terdapat dua macam Dana Pensiun, yaitu (1) Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK), (2) Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). DPPK dapat menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti (PPMP) atau Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP). Program Pensiun Manfaat Pasti merupakan program pensiun yang besarnya manfaat pensiun telah ditetapkan dalam peraturan Dana Pensiun (dalam bentuk rumus), sedangkan besarnya iuran pemberi kerja dari waktu ke waktu tidak pasti jumlahnya bergantung dari kecukupan dana untuk memenuhi kewajiban manfaat pensiun. Berdasarkan pemikiran sebelumnya, penulis mencoba melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Rasio Pendanaan pada Program Pensiun Manfaat Pasti terhadap Pemenuhan Kewajiban Manfaat Pensiun”. Penelitian ini merupakan penelitian Asosiatif dengan pendekatan studi kasus. Untuk mengelola data tersebut, digunakan metode korelasi pearson yang dapat digunakan untuk mencari hubungan pengaruh yang tidak signifikan. Pengujian dilakukan dengan analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi dan uji t, tingkat signifikansi yang digunakan adalah 0.05. Berdasarkan hasil perhitungan, hipotesis Ho diterima. Adapun besarnya Rasio Pendanaan terhadap pemenuhan pembayaran kewajiban manfaat pensiun adalah sebesar 6.25%. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Rasio Pendanaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan untuk memenuhi kewajiban manfaat pensiun.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6194
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 67.78Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 94.35Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 72.27Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 88.87Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 94.06Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 77.62Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 71.20Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 154.7Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 207.3Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 224.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 410.6Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 82.48Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 76.73Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record