KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Widyatama Repository

KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)

Show full item record

Title: KONTRIBUSI PENERIMAAN PAJAK HOTEL TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung)
Author: Nurjaman, Ali
Abstract: Pajak Daerah merupakan pajak yang telah ditentukan pemerintah Daerah dengan Peraturan Daerah yang mempunyai wewenangan malakukan pemungutan adalah Pemerintah Daerah dan hasil digunakan untuk membiayai pengeluaran Pemerintahan Derah yang bersangkutan. Dalam melaksanakan pungutan pajak hotel, Dinas Pendapatan Daerah dihadapkan pada berbagai jenis pelanggaran dan hambatan. Oleh karena itu, peran serta masyarakat serta pengusaha hotel merupakan hal yang penting dalam memenuhi kewajiban pembayar pajak berdasarkan ketentuan perpajakan. Hal ini sangat diharapkan agar pembangunan dapat berjalan lancar. Penelitian ini berjudul Kontribusi Penerimaan Pajak Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah (studi kasus pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar jumlah penerimaan pajak hotel di Kota Bandung dan seberapa besar kontribusi penerimaan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus yaitu dengan cara mengamati dan meniliti berbagai aspek yang ada hubungannya dengan perihal kontribusi pejak hotel terhadap pendapatan asli daerah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Besarnya jumlah penerimaan pajak hotel di Kota Bandung setiap tahunnya mengalami perkembangan. Penerimaan pajak di tahun 2004 Rp. 35,663,218,724 dan di tahun 2010 Rp. 74,171,145,430 Hal tersebut tentunya tidak lepas dari kesadaran pemilik hotel sebagai wajib pajak daerah dan peningkatan pemerintah daerah dalam pemungutan pajak. Besarnya kontribusi penerimaan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah Kota Bandung sebesar 44,10%, pengaruh selebihnya yaitu sebesar 55,90% adalah faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Maksudnya yaitu variasi pendapatan pajak daerah yang dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukan ke dalam penelitian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6193
Date: 2012


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 15.70Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 21.89Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 30.98Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 107.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 151.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 99.75Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 95.63Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 33.28Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 24.40Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record