PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN PENJUALAN GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN BAHAN BAKAR GAS (Studi Kasus Pada PT Pertamina Unit Pemasaran III Depot Ujungberung)

Widyatama Repository

PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN PENJUALAN GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN BAHAN BAKAR GAS (Studi Kasus Pada PT Pertamina Unit Pemasaran III Depot Ujungberung)

Show full item record

Title: PERANAN CONTROLLER DALAM PENGENDALIAN PENJUALAN GUNA MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN BAHAN BAKAR GAS (Studi Kasus Pada PT Pertamina Unit Pemasaran III Depot Ujungberung)
Author: Munirawati, Naomi
Abstract: Aktivitas penjualan menunjukan suatu tingkat keberhasiloan suatu perusahaan yang juga mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan. Oleh karena itu aktivitas penjualan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam perusahaan. Untuk melaksanakan penjualan yang baik diperlukan suatu pengendalian terhadap aktivitas penjualan dengan memperhatikan segala aspek penjualan yang efektif. Bisanya perusahaan besar memerlukan peranan controller untuk mengetahui sejauh mana setiap departemen mematuhi serta menjalankan kebijakan dan prosedur yang ditetapkan perusahaan. Controller diberi kewenangan dalam membangun, memelihara, mengevaluasi dan memeriksa jalannya pengendalian penjualan, menyiapkan laporan-laporan yang diberikan pimpinan dan manajemen perusahaan serta melakukan tindakan-tindakan perbaikan terhadap penyimpangan-penyimpangan yang mungkin ditemukan khususnya dalam pengendalian penjualan. Penelitian mengenai peranan controller dalam pengendalian penjualan guna menunjang efektivitas penjulan bahan bakar gas tersebut dilakukan pada PT Pertamina depot Ujungberung Unit Pemasaran III Cabang Bandung. Penyusunan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas penjualan bahan bakar gas pada PT Pertamina dan untuk mengetahui peranan controller dalam pengendalian penjualan guna menunjang efektivitas penjualan bahan bakar gas di PT Pertamina depot Ujungberung Unit Pemasaran III Cabang Bandung. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam skripsi ini adalah metode deskriptif analisis yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan memberikan gambaran dan membahas kondisi perusahaan berdasarkan fakta yang disertai analisis dari data melalui penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Penulis mengambil kesimpulan dengan membandingkan teori yang ada dengan pelaksanaan sesungguhnya pada PT Pertamina depot Ujungberung Unit Pemasaran III Cabang Bandung dan dibantu dengan instrument berupa kuesioner. Penulis melakukan penelitian pada PT Pertamina depot Ujungberung Unit Pemasaran III Cabang Bandung yang berlokasi di jalan Soekarno-Hatta No. 728 Bandung. Dari penelitian dan pengujian dapat diketahui bahwa nilai t hitung (2.8401) > t tabel (2.5710) sehingga, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukan bahwa “Controller berperan dalam pengendalian penjualan guna menunjang efektivitas penjualan bahan bakar gas” dapat diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6187
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 85.14Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 47.46Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 50.25Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 55.47Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 47.40Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 37.74Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 45.47Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 74.48Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 156.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 160.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 205.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 55.60Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 59.17Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record