PENGARUH ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MEMBANTU MENCAPAI KEEFEKTIVITASAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Co. Tbk. Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MEMBANTU MENCAPAI KEEFEKTIVITASAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Co. Tbk. Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN BIAYA PRODUKSI DALAM MEMBANTU MENCAPAI KEEFEKTIVITASAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI (Studi kasus PT. Ultrajaya Milk Industry & Trading Co. Tbk. Bandung)
Author: Ibrahim, Muhammad Miftah
Abstract: Dalam menghadapai perkembangan dunia usaha yang semakin pesat dan kompetitif, perusahaan dituntut untuk berusaha sebaik-baiknya agar seluruh kegiatan perusahaan dapat dilaksanakan dengan baik. Upaya yang tepat dalam hal ini adalah dengan menyusun satu cara perencanaan dan pengendalian, khususnya biaya produksi secara cermat dan akurat. Objek penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah PT Ultrajaya Milk Industry dan Trading Co. yang berlokasi di Padalarang Kab. Bandung yang bergerak di bidang makanan dan minuman UHT (Ultra High Temperature) dan produk yang dihasilkan PT. Ultrajaya adalah berbagai rasa susu, susu kental manis, teh Kotak, Sari Asem, dll. Dalam penelitian ini pemulis membatasi permasalahannya hanya pada produksi susu karena susu merupakan jenis produk yang produksinya paling besar diantara produk-produk lainnya. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data secara langsung pada perusahaan dengan cara wawancara, observasi, dana kuesioner. Anggaran biaya produksi merupakan biaya yang seharusnya terjadi untuk memproduksi suatu produk atau sejumlah unit produksi dalam suatu periode tertentu di masa yang akan datang. Pengendalian biaya produksi di suatu perusahaan dapat dilakukan dengan membandingkan biaya-biaya yang terjadi dalam proses produksi dengan anggaran biaya produksi yang telah ditetapkan sebelumnya kemudian penyimpangannya dianalisis agar diketahui penyebabnya dana dapat dilakukan perbaikan-perbaikan di masa yang akan datang. Tujuan dilaksanakannya penelitian yang dituangkan dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh anggaran biaya produksi dalam membantu mencapai keefektivitasan pengendalian biaya produksi. Hipotesis yang diuji oleh penulis adalah “ jika anggaran biaya produksi yang disusun telah diterapkan dengan memadai dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan maka anggaran biaya produksi akan berperan dalam pengendalian biaya produksi”. Berdasarkan analisis korelasi linier sederhana besarnya koefisien korelasi (r) untuk PT. Ultrajaya sebesar 0,7567. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan antara variabel X dan variabel Y korelasi positif yang kuat ( menurut standar 0,600 – 0,799 = kuat). Berdasarkan analisis koefisien determinasi anggaran biaya produksi berpengaruh terhadap pengendalian biaya produksi sebesar 57,26%. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan uji dua pihak diperoleh nilai berada pada daerah penerimaan Ha, shingga dapat dikatakan bahwa anggaran biaya produksi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pengendalian biaya produksi. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang dikemukakan jika anggaran biaya produksi yang disusun telah diterapkan dengan memadai dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan maka anggaran biaya produksi akan berperan dalam pengendalian biaya produksi dapat diterima (Ha).
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6185
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 38.50Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 41.74Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 52.30Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 58.81Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 48.57Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 50.00Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 39.08Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 46.36Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 72.20Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 133.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 144.4Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 210.5Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 60.62Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 48.09Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record