PENGARUH KEGIATAN EKSTENSIFIKASI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya)

Widyatama Repository

PENGARUH KEGIATAN EKSTENSIFIKASI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya)

Show full item record

Title: PENGARUH KEGIATAN EKSTENSIFIKASI TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PENGHASILAN ORANG PRIBADI (Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya)
Author: Putra HS, Moh. Yusan Okta
Abstract: Pajak merupakan penerimaan negara yang paling utama. Peran aktif dan kesadaran masyarakat pembayar pajak sangat diperlukan dalam pembayaran pajak. Negara bisa maju apabila pajaknya juga maju dengancara membayar pajak secara teratur dan benar. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya yang hasilnya dituangkan dalam skripsi dengan judul : “Pengaruh Kegiatan Ekstensifikasi terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi”. Dalam penelitian skripsi ini, ruang lingkup penelitian dibatasi pada pembahasan masalah mengenai pengaruh kegiatan ekstensifikasi terhadap penerimaan pajak penghasilan orang pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstensifikasi, tingkat penerimaan pajak penghasilan orang pribadi, dan seberapa besar pengaruh kegiatan ekstensfikasi terhadap penerimaan pajak penghasilan orang pribadi. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode asosiatif. Pelaksanaan kegiatan ekstensfikasi yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya, dapat dikategorikan sangat baik yang ditunjukkan oleh hasil analisis korelasi positif sebesar 96% yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat antara variabel X (Kegiatan Ekstensifikasi) dengan variabel Y (Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi) yang bersifat searah, artinya bila terjadi kenaikan Kegiatan Ekstensifikasi akan mengakibatkan kenaikan tingkat Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Kegiatan Ekstensifikasi memberikan pengaruh signifikan terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Orang Pribadi. Hal ini dibuktikan oleh hasil penghitungan secara statisitik yang menujukkan thitung > ttabel (5,883 > 3,182) dengan korelasi determinasi yang menujukkan (Kd) sebesar 92% pada tingkat keyakinan/kepercayaan 95% (tingkat signifikansi () 0,05). Sehubungan dengan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, hipotesis yang semula diajukan yaitu : “Kegiatan Ekstensifikasi yang dilaksanakan secara efektif akan meningkatkan tingkat penerimaan pajak penghasilan orang pribadi” diterima artinya teori yang dijadikan acuan dalam kerangka pemikiran masih relevan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6184
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 76.46Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 80.56Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 136.9Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 261.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 275.3Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 348.7Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 110.0Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 104.2Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record