ANALISIS PENERAPAN PSAK 23 TENTANG PENGAKUAN PENDAPATAN PADA ORGANISASI NIRLABA (Survei pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit di Bandung)

Widyatama Repository

ANALISIS PENERAPAN PSAK 23 TENTANG PENGAKUAN PENDAPATAN PADA ORGANISASI NIRLABA (Survei pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit di Bandung)

Show full item record

Title: ANALISIS PENERAPAN PSAK 23 TENTANG PENGAKUAN PENDAPATAN PADA ORGANISASI NIRLABA (Survei pada Unit Rawat Inap Rumah Sakit di Bandung)
Author: Yoanita, Maria
Abstract: Pendapatan menurut PSAK No. 23 adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang diterima perusahaan itu sendiri, di luar dari pernyataan di atas yang tidak memiliki manfaat ekonomi dan peningkatan ekuitas bagi perusahaan dikeluarkan dari pendapatan. Permasalahan utama dalam akuntansi untuk pendapatan adalah menentukan saat pengakuan pendapatan. Pendapatan diakui bila besar kemungkinan manfaat ekonomi masa depan akan mengalir ke perusahaan dan manfaat ini dapat diukur dengan andal. Penelitian dilakukan terhadap RS X, Y dan Z, tujuannya adalah untuk mnengetahui bagaimana penerapan metode pengakuan pendapatan pada unit rawat inap rumah sakit yang bersangkutan, apakah sesuai dengan PSAK No 23, kekonsistensian penerapan metode pengakuan pendapatan serta apakah terdapat kendala dalam penerapan metode pengakuan yang benar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan survei. Data diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner dengan n = 21, kemudian data diolah dan di analisis. Dari hasil analisis jawaban responden terhadap 17 item pertanyaan mengenai penerapan metode pengakuan pendapatan barang dan jasa pada unit rawat inap dan kendala dalam menerapkan metode pengakuan pendapatan yang benar, didapat hasil bahwa metode akuntansi yang diterapkan pada unit rawat inap telah sesuai dengan standar yang berlaku dan kebijakan akuntansi yang diterapkan rumah sakit telah mencegah pengakuan pendapatan dilakukan dengan tidak benar. Hasil tersebut didapat dari prosentase skor hasil jawaban responden terhadap variabel pengakuan pendapatan barang dan jasa sebesar 82.38% dan variabel kendala pengakuan pendapatan secara benar sebesar 84.12%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah penerapan metode pengakuan pendapatan pada RS X, Y dan Z telah sesuai dengan PSAK No 23 tentang pendapatan karena pedoman akuntansi rumah sakit yang diteliti disusun berdasarkan PARS, dimana PARS disusun berdasarkan PSAK dan pedoman tersebut telah diterapkan dengan baik dan konsisten serta tidak terdapat kendala dalam pengakuan pendapatan secara benar.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6179
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 30.71Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 24.42Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 24.89Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 28.99Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 23.67Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 22.41Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 24.32Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 60.53Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 132.8Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 48.19Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 109.3Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 29.28Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 27.42Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record