PERANAN SISTEM ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kota Cimahi)

Widyatama Repository

PERANAN SISTEM ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kota Cimahi)

Show full item record

Title: PERANAN SISTEM ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) PENGGAJIAN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERNAL GAJI (Studi Kasus pada Dinas Pendidikan Kota Cimahi)
Author: Manikam
Abstract: Berkembangnya ukuran dan kerumitan serta teknologi yang semakin canggih didalam sebuah organisasi saat ini menuntut perhatian yang semakin besar terhadap pengendalian internal khususnya dalam pengendalian internal gaji yang merupakan suatu bagian yang sangat vital bagi setiap elemen dalam suatu manajemen. Manajemen harus dapat menemukan suatu cara dengan suatu alat untuk mengatasi kerumitan tersebut agar gaji dapat dikelola dengan baik, tepat dan tidak menimbulkan inefisiensi melalui sebuah pengendalian internal gaji. Digunakannya komputer sebagai alat untuk pengolahan data gaji diharapkan dapat meminimalisasi kesalahan dan penyelewengan yang mungkin dapat terjadi selama pemrosesan data sehingga pengendalian dapat dilakukan dengan lebih efektif. Dalam penelitian ini, penulis berusaha mengemukakan dan membahas peranan sistem electronic data processing (EDP) penggajian dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji di Dinas Pendidikan Kota Cimahi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, penyebaran kuesioner dan penelitian kepustakaan. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sistem electronic data processing penggajian yang memadai sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji di Dinas Pendidikan Kota Cimahi, hal ini sesuai dengan hasil pengujian hipotesis dari kuesioner yaitu dihasilkan hasil 83,75% untuk variabel independen dan 76,02% untuk variabel dependen. Persentase tersebut sesuai dengan kriteria 76%-100% yaitu sistem electronic data processing penggajian yang memadai sangat berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian internal gaji. Rentang persentase tersebut membuktikan bahwa hipotesis diterima.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6178
Date: 2008


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 14.89Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 30.49Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 33.37Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 54.07Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 163.0Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 67.18Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 88.62Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 34.51Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 32.46Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record