PERANAN PEMERIKSAAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI (Studi kasus pada PT. TELKOM Kota Bandung)

Widyatama Repository

PERANAN PEMERIKSAAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI (Studi kasus pada PT. TELKOM Kota Bandung)

Show full item record

Title: PERANAN PEMERIKSAAN INTERN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN BIAYA OPERASI (Studi kasus pada PT. TELKOM Kota Bandung)
Author: Novianti, Irvi
Abstract: Pada PT. TELKOM Kota Bandung, biaya operasi merupakan salah satu konsekuensi logis dari aktivitas perusahaan yang mempunyai kecenderungan untuk selalu meningkat seiring dengan perkembangan aktivitas perusahaan. Oleh karena itu, peningkatan biaya operasi ini perlu diikuti dengan penetapan standar dan prosedur yang harus selalu diawasi dan dikendalikan dengan baik, sehingga pada akhirnya akan diperoleh biaya operasi yang efektif dalam pelaksanaan aktivitas operasi perusahaan. Namun ada kalanya, pengendalian yang telah dibuat, dalam pelaksanaanya tidak dilaksanakan dengan semestinya. Guna memastikan bahwa pengendalian atas penggunaan biaya operasi tersebut dilaksanakan dengan semestinya, perusahaan memerlukan suatu bagian tersendiri yang independen dan objektif dalam melakukan kegiatan pemeriksaan atas penerapan pengendalian biaya operasi yang dijalankannya tersebut. Penelitian ini mencoba menyikapi peranan pemeriksan intern terhadap efektivitas pengendalian biaya operasi, dimana untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan, penulis melakukan penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research). Sedangkan hasil penelitian berdasarkan analisis korelasi Rank Spearman sebesar 0,8695 yang mengartikan terdapat peranan yang sangat kuat dan searah, koefisien determinasi peranan pemeriksaan intern terhadap efektivitas pengendalian biaya operasi sebesar 75,60% dan 24,40 % dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil pengujian hipotesis sebesar 7,0419, yaitu dengan kata lain besarnya thitung ttabel (7,0419 2,120), sehingga Ho ditolak. Hasil pengujian menunjukan bahwa peranan pemeriksaan intern berperan terhadap efektivitas pengendalian biaya operasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6170
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 35.87Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 60.63Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 69.54Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 56.57Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 57.40Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 47.32Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 45.42Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 70.37Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 113.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 148.0Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 270.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 61.02Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 48.31Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record