PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi kasus pada PT. Nusantara Jaya Sentosa Bandung)

Widyatama Repository

PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi kasus pada PT. Nusantara Jaya Sentosa Bandung)

Show full item record

Title: PENGARUH ANGGARAN BIAYA PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN (Studi kasus pada PT. Nusantara Jaya Sentosa Bandung)
Author: Indah, Intan Permata
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan anggaran biaya promosi dan pengendalian biaya promosi di perusahaan, mengetahui peningkatan volume penjualan setiap tahunnya dan mengetahui pengaruh anggaran biaya promosi terhadap peningkatan penjualan. Metode penelitian yang digunakan penulis yaitu metodologi deskriptif analisis, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data agar dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai objek yang akan diteliti sehingga dapat disimpulkan. Adapun untuk pengujian hipotesis, penulis melakukan uji statistik analisis regresi dan korelasi sederhana dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan anggaran dan pengendalian biaya promosi pada PT. Nusantara Jaya Sentosa meliputi : prosedur penyusunan anggaran biaya promosi, pengendalian anggaran biaya promosi, dan penetapan anggaran biaya promosi. Pengaruh anggaran biaya promosi terhadap volume penjualan berdasarkan perhitungan statistika yang menggunakan SPSS 12.00, analisis regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien a sebesar Rp. -2.787 menunjukkan bahwa apabila tidak terdapat anggaran biaya promosi, maka volume penjualan akan menurun sebesar Rp. 2.787 (dalam Milyar), sedangkan koefisien regresi nilai b sebesar Rp. 0.209 menunjukkan bahwa setiap peningkatan anggaran biaya promosi sebesar Rp. 1 akan meningkatkan volume penjualan sebesar Rp. 0.209 (dalam Milyar). Hasil koefisien korelasi senilai 0,984 menunjukkan bahwa menunjukkan hubungan yang sangat erat. Hasil analisis koefisien determinasi atau R Square sebesar 0.969 artinya bahwa anggaran biaya promosi mempengaruhi peningkatan volume penjualan sebesar 96,9%, sedangkan sisanya sebesar 3,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang tidak diteliti. Hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung sebesar 9.646 lebih besar dari t-tabel 2,353, dapat dinyatakan bahwa anggaran biaya promosi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan volume penjualan, sehingga hipotesis yang dikemukakan penulis dapat diterima. Promosi merupakan kegiatan yang sangat penting demi kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengadakan perencanaan dan pengendalian terhadap kegiatan promosi, agar biaya yang telah dikeluarkan diharapkan dapat meningkatkan volume penjualan, untuk itu biasa digunakan anggaran yang dapat berfungsi sebagai alat perencanaan juga sebagai alat pengendalian.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6166
Date: 2010


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 16.92Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 48.12Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.50Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 38.16Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 52.78Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 28.55Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 28.57Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 72.79Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 153.4Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 154.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 309.8Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 61.79Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 36.51Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record