PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH ( Studi Kasus Pada Tiga Bank Umum Syariah di Indonesia)

Widyatama Repository

PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH ( Studi Kasus Pada Tiga Bank Umum Syariah di Indonesia)

Show full item record

Title: PENGARUH TINGKAT RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS BANK SYARIAH ( Studi Kasus Pada Tiga Bank Umum Syariah di Indonesia)
Author: Lukman, Indra Arian
Abstract: Dua fungsi utama bank syariah adalah mengumpulkan dana dan menyalurkan dana. Penyaluran dana yang dilakukan bank syariah adalah pemberian pembiayaan kepada debitur yang membutuhkan, baik modal usaha maupun untuk konsumsi. Penyaluran dana dalam bentuk pembiayaan biasanya mendominasi sebagian besar pengalokasian dana bank. Pembiayaan mudharabah ialah akad kerja sama usaha antara dua pihak dimana pihak pertama (shahibulmaal) menyediakan seluruh (100%) modal, sedangkan pihak lainnya menjadi pengelola dana (mudharib) dengan kesepakatan di muka. Pemberian pembiayaan berdasarkan prinsip syariah oleh bank mengandung risiko kegagalan atau kemacetan pelunasannya sehingga dapat berpengaruh terhadap kesehatan bank, pembiayaan mudharabah pun memiliki risiko. Penelitian yang berjudul Pengaruh Tingkat Risiko Pembiayaan Mudharabah Terhadap Tingkat Profitabilitas Bank Syariah ini menggunakan metode penelitian deskriptif verifikatif. Perusahaan menjadi objek penelitian ini adalah tiga buah bank syariah. Data yang digunakan adalah rasio NPF dan rasio ROA dari laporan keuangan per tanggal 31 Desember 2007 sampai tahun 2009. Media yang digunakan dalam memperoleh laporan keuangan bank syariah adalah melalui website masing-masing bank. Untuk memperkuat hasil analisis, penelitian ini menggunakan uji statistik t. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara tingkat pembiayaan mudharabah terhadap tingkat profitabilitas bank syariah. Dalam perhitungan analisis, tingkat risiko pembiayaan mudharabah (NPF) merupakan variabel independen (X) dan tingkat profitabilitas (ROA) bank syariah merupakan variabel dependen (Y). Dari hasil perhitungan, diperoleh persamaan regresi Y = 0,0462 - 1,1666X. lalu dilakukan pengujian statistik dengan menggunakan statistik uji t yang menghasilkan = , kemudian diperoleh = -2,365 dengan = 0,05 dan df = 7. Menunjukan bahwa Ho ditolak karena berada dalam daerah penolakan Ho yaitu < -2,365. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat risiko pembiayaan mudharabah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat profitabilitas bank syariah.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6165
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 36.20Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 47.42Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 122.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 163.7Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 126.2Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 514.9Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 52.96Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 31.45Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record