PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN BERBASIS ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) TERHADAP KUALITAS INFORMASI (Survei pada PT. Equity Life Indonesia Cabang Cirebon)

Widyatama Repository

PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN BERBASIS ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) TERHADAP KUALITAS INFORMASI (Survei pada PT. Equity Life Indonesia Cabang Cirebon)

Show full item record

Title: PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI KEUANGAN BERBASIS ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) TERHADAP KUALITAS INFORMASI (Survei pada PT. Equity Life Indonesia Cabang Cirebon)
Author: Isnani, Husna
Abstract: Sistem informasi akuntansi keuangan berbasis Electronic Data Processing pada dasarnya bertujuan agar proses akuntansi dan proses pelaksanaan pelaporan serta pengendalian di bidang keuangan dapat terselenggara dengan baik, sehingga dapat menyediakan informasi keuangan yang berkualitas. Untuk mengetahui pengaruh sistem informasi akuntansi keuangan berbasis Electronic Data Processing terhadap kualitas informasi, penulis melakukan penelitian pada PT. Equity Life Indonesia Cabang Cirebon, perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh sistem informasi akuntansi keuangan berbasis Electronic Data Processing terhadap kualitas informasi yang dihasilkan oleh perusahaan. Untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan survei. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, ternyata pada PT. Equity Life Indonesia telah menerapkan sistem informasi akuntansi berbasis Electronic Data Processing yang memadai. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya kriteria-kriteria yang telah ditetapkan, yaitu terdiri dari unsur-unsur sistem informasi akuntansi keuangan seperti sumber daya manusia yang kompeten, penggunaan alat (komputer dan alat lain), kelengkapan dokumen dan catatan, pemakaian formulir-formulir, penetapan prosedur keuangan, dan pembuatan laporan, serta fungsi-fungsi sistem informasi akuntansi keuangan yang telah terlaksana seperti pengumpulan data, pemrosesan data, manajemen data, pengendalian data, dan penghasil informasi, sehingga berpengaruh terhadap kualitas informasi yang memiliki karakteristik yaitu: (1) Dapat dipahami, (2) Relevan, (3) Tepat waktu, (4) Dapat diandalkan, dan (5) Dapat diverifikasi (diperbandingkan). Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,857 dan nilai statistik hitungt yang lebih besar dari nilai statistik tabelt yaitu 5,518>2,201 serta koefisien determinasi diperoleh sebesar 73,45%, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sistem informasi akuntansi berbasis Electronic Data Processing terhadap kualitas informasi.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6164
Date: 2009


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 33.68Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 97.22Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 32.46Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 101.1Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 50.85Kb PDF View/Open
Daftar Tabel.pdf 34.24Kb PDF View/Open
Daftar Gambar.pdf 37.68Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 27.53Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 187.2Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 332.6Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 403.5Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 1.034Mb PDF View/Open
Bab 5.pdf 62.79Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 91.37Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record