PENGARUH PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT (Studi kasus pada PD. BPR Bank PASAR Kota Cirebon)

Widyatama Repository

PENGARUH PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT (Studi kasus pada PD. BPR Bank PASAR Kota Cirebon)

Show full item record

Title: PENGARUH PENERAPAN PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT (Studi kasus pada PD. BPR Bank PASAR Kota Cirebon)
Author: Kusnandar, Handri
Abstract: Kredit adalah kegiatan operasional terpenting dalam kegiatan operasi bank, dimana perkreditan memiliki nilai aset terbesar jika dibandingkan dengan kegiatan operasional bank yang lain. Tingkat persaingan antar bank dan risiko perkreditan yang tinggi menyebabkan pihak manajemen bank perlu menerapkan suatu pengendalian intern yang memadai. Pengendalian intern yang memadai pada dasarnya bertujuan untuk melindungi harta milik perusahaan dengan meminimalkan kemungkinan terjadinya penyelewengan, pemborosan, kemacetan kredit, serta meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja. Berdasarkan pemikiran di atas, penulis mencoba melakukan penelitian pada PD. BPR Bank PASAR Kota Cirebon. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah Untuk mengetahui penerapan pengendalian intern dan pelaksanaan prosedur pemberian kredit, serta untuk mengetahui pengaruh pengendalian intern terhadap prosedur pemberian kredit. Hipotesis yang diuji dalam penulisan skripsi ini adalah “Penerapan Pengendalian Intern berpengaruh terhadap prosedur pemberian kredit.” Metode yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan studi kasus, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan menggambarkan dan membahas keadaan perusahaan berdasarkan fakta yang ada disertai suatu analisis sehingga memberikan gambaran yang cukup jelas. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penelitian kepustakaan, dan penelitian lapangan yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta kuesioner. ii Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pengendalian intern berpengaruh terhadap prosedur pemberian kredit sebesar 79%, yang artinya hipotesis dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa pengaruh penerapan pengendalian intern terhadap prosedur pemberian kredit signifikan.
URI: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6162
Date: 2011


Files in this item

Files Size Format View
Cover.pdf 88.69Kb PDF View/Open
Lembar Pengesahan.pdf 133.7Kb PDF View/Open
Abstrak.pdf 76.15Kb PDF View/Open
Kata Pengantar.pdf 93.19Kb PDF View/Open
Daftar Isi.pdf 82.53Kb PDF View/Open
Daftar Lampiran.pdf 76.53Kb PDF View/Open
Bab 1.pdf 163.5Kb PDF View/Open
Bab 2.pdf 239.9Kb PDF View/Open
Bab 3.pdf 283.8Kb PDF View/Open
Bab 4.pdf 257.2Kb PDF View/Open
Bab 5.pdf 89.74Kb PDF View/Open
Daftar Pustaka.pdf 105.5Kb PDF View/Open

This item appears in the following Collection(s)

Show full item record